Sekolah Politik Sambut Pemilu Serentak 2024

0
Anggota Komisi II DPR RI, Riyanta
Anggota Komisi II DPR RI, Riyanta

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota Komisi II DPR RI, Riyanta melakukan kunjungan kerja spesifik di daerah pemilihannya. Adapun kali ini pihaknya menggelar ‘sekolah’ politik bagi masyarakat Kabupaten Pati tentang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Rabu (30/11/2022).

Adapun kegiatan ini mengambil tema Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu Serentak Tahun 2024 yang berlokasi di sekretariat Joglo Aspirasi di jalan Ahmad Yani, Winong Kecamatan/Kabupaten Pati.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan suatu pemahaman masyarakat tentang penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang. Sehingga diharapkan masyarakat secara sadar terlibat serta menggunakan haknya sebagai warga negara.

“Sosialisasi terkait dengan Pemilu serentak 2024, intinya kami berharap semua masyarakat ikut berpartisipasi aktif agar bagaimana Pemilu nanti berjalan lancar,” kata Riyanta usai kegiatan kepada wartawan.

Lebih lanjut dirinya menuturkan melalui sekolah politik yang digelar itu diharapkan Pemilu menjadi wadah persatuan bagi masyarakat untuk menentukan pemimpin yang amanah.

“Pemilu menjadi suatu sarana sebagai perekat serta pemersatu bangsa. Mari kita bantu penyelenggara pemilu, kita bantu KPU dan Bawaslu,” jelasnya.

Dia mengungkapkan kegiatan sekolah politik yang dilakukan di Dapilnya itu masih akan terus digelar. Karena, menurut Riyanta pada prinsipnya sosialisasi itu tujuannya bagaimana membuat masyarakat memahami, menjadi cerdas kemudian menggunakan haknya secara cerdas tanpa ada tekanan sesuai pandangan objektif masyarakat.

Disinggung sosialisasi yang dilakukannya apakah dalam rangka menghimpun suara, dirinya mengelak kegiatan tersebut bukan untuk menghimpun suara.

“Bukan untuk menghimpun suara, bukan juga tugas komisi, tetapi ini adalah tugas semuanya memberikan pencerahan politik bagi masyarakat,” tandas dia.