Ketum PBNU: Nyai Hj Nafisah Sosok Perempuan Pejuang

0

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf menilai sosok Nyai Hj Nafisah Sahal Mahfudh sebagai tokoh perempuan yang gigih berjuang, utamanya di organisasi Nahdlatul Ulama.

Istri dari Almarhum Kyai Sahal Mahfudh itu selama hidupnya didedikasikan untuk berjuang di jalan agama. Hingga perjuangan itu selesai, lantaran dipanggil kehadirat Yang Maha Kuasa. Jasa Nyai Hj Nafisah sangat besar bagi perjuangan kader perempuan NU, sehingga hal ini patut untuk diteladani.

Hal itu ia sampaikan ketika mengikuti pemakaman Nyai Hj Nafisah Sahal Mahfudh ke peristirahatan terakhirnya di kompleks Ma’had Aly Maslakul Huda, Kajen, Jumat (11/11/2022) pagi tadi.

“Kami warga NU punya khusnudzon bahwa barokah Nyai Hj Nafisah selama ini sangat besar bagi kemaslahatan jamiyah,” katanya usai pemakaman.

Kepergian Nyai Hj Nafisah dari dunia fana ini menjadi kabar duka bagi warga Nahdliyin. Selain sebagai tokoh nasional, Almarhumah sebagai tokoh pejuang perempuan di Kabupaten Pati. Termasuk dalam lingkungan pesantren.

Menurut, Ketua Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati, Yusuf Hasyim bahwa Nyai Hj Nafisah Sahal Mahfudh adalah perempuan yang dimiliki Pati sebagai pejuang nasional. Sehingga kepergian Almarhumah adalah kehilangan bagi warga Nahdliyin.

Lebih lanjut, dia mengatakan Nyai Hj Nafisah selain sebagai tokoh pesantren, juga terlibat secara aktif di Muslimat Nahdlatul Ulama. Bahkan sebagai perintis pendidikan pesantren di Pati.

“Nyai Hj Nafisah Sahal Mahfudh bersama KH Mohammad Achmad Sahal Mahfudh termasuk perintis pendidikan pesantren di Kabupaten Pati ini. Dan termasuk mendirikan pendidikan anak usia dini, Darul Hadlanah untuk yatim dan dhuafa serta pengembangan kegiatan sosial,” pungkasnya.

Sejumlah tokoh beserta ribuan orang ikut serta mengiringi pemakaman Nyai Hj Nafisah Sahal Mahfudh ke peristirahatan terakhirnya di kompleks Ma'had Aly Maslakul Huda, Kajen, Jumat (11/11/2022)
Sejumlah tokoh beserta ribuan orang ikut serta mengiringi pemakaman Nyai Hj Nafisah Sahal Mahfudh ke peristirahatan terakhirnya di kompleks Ma’had Aly Maslakul Huda, Kajen, Jumat (11/11/2022)

Sebagai informasi, sejumlah tokoh terkemuka beserta ribuan orang ikut mengiringi pemakaman Nyai Hj Nafisah Sahal Mahfudh. Selain Ketua PBNU, juga dihadiri oleh KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha), Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin), PJ Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, dan sejumlah tokoh lainnya.