Kesenjangan Lowongan dan Pencari Kerja, Ribuan Orang di Pati Nganggur

Ilustrasi pekerja garmen (istimewa)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 12 ribu orang lebih usia produktif di Kabupaten Pati tahun 2022 ini dinyatakan tengah mencari pekerjaan atau menganggur. Ini disebabkan lantaran kesenjangan antara jumlah pencari kerja (Pencaker) yang tidak sebanding dengan tersedianya lowongan pekerjaan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati, Bambang Agus Yunianto. Lowongan pekerjaan yang tersedia di daerah masih cukup sedikit lebih rendah tiga kali lipat dari jumlah mereka yang sedang mencari pekerjaan.

“Berdasarkan data kami mulai bulan Januari sampai September 2022 tercatat sebanyak 12.044 orang laki-laki dan perempuan mencari kerja, sementara itu ada 4.398 lowongan pekerjaan yang tersedia,” ucap Bambang, Rabu (2/11/2022).

Kendati demikian, dirinya juga menegaskan berdasarkan data yang sama itu, Disnakertrans Pati juga mencatat di antaranya sudah mendapat pekerjaan atau tidak menganggur lagi. Pada periode Januari s/d September 2022 tersebut, sedikitnya terdapat 4.318 orang yang sudah bekerja.

Dia menjelaskan dari sejumlah orang yang sudah mendapat pekerjaan ini dengan rincian Antar Kerja Daerah (AKD) sejumlah 16 orang, Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau yang menjadi TKI di luar negeri sebanyak 864 orang dan Antar Kerja Lokal (AKL) di wilayah Provinsi Jateng sebanyak 3.438 orang.

Lebih lanjut dia menuturkan dari data itu diketahui periode Januari hingga September 2022 masih ada 7.726 orang yang belum mendapat tempat atau belum bekerja. Ini menjadi tantangan bersama bagaimana menciptakan lapangan kerja untuk mereka yang menganggur.

“Selain itu untuk menguranginya Disnakertrans juga ada pelatihan dan pendampingan. Melatih mereka agar memiliki skill untuk bekal bekerja maupun untuk membuka kerja (wirausaha),” ungkapnya.

Berdasarkan kebutuhan, masih kata dia, yang paling banyak membuka lowongan pekerjaan adalah di perusahaan-perusahaan garmen. Menurutnya, di perusahaan garmen itu tidak perlu pendidikan tinggi, bisa baca tulis dan usianya sudah 18 tahun.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Panwascam Pati Kota Jalin Sinergi untuk Pemilu 2024
Pelantikan Satu Orang Panwascam di Bawaslu Kudus Next post Bawaslu Kudus Melantik Satu Orang Panwascam yang Sebelumnya Terdeteksi Narkoba
Social profiles