Dinas Perdagangan Kudus Sebut Harga Sembako Jelang Natal dan Tahun Baru Normal

Foto Ilustrasi: Tampak Ibu Ibu Pedagang Pasar menjajakan lapaknya di jalan tangga

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus melalui Kabid Fasilitasi Perdagangan Promosi dan Perlindungan Konsumen Minan Mochamad menyebut, harga sembilan bahan pokok (Sembako) jelang natal dan tahun baru masih normal atau stabil, Senin (21/11/2022).

“Untuk harga kedelai saat ini masih tinggi. Namun ada sebagian bahan pokok yang harganya masih terjangkau untuk masyarakat,” kata Minan sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, bahan pokok yang masih stabil diantaranya, harga gula yakni Rp 13.500 per kilogram. Beras masih diangka Rp 12.000 per kilogram. Terakhir, minyak curah harganya Rp 14.000 per kilogram.

“Untuk kedelai yang masih tersedia di Primer Koperasi Produsen Tempe tahu Indonesia (PRIMKOPTI) saat ini masih aman. Meskipun harga kedelai tinggi, tapi kenaikannya secara bertahap dan tidak naik langsung,” ujarnya.

Terkait hal itu, Minan menyebut, bahwa pihaknya hanya sebatas memantau, mengawasi, dan melaporkan bila ada perubahan. Sementara untuk Produsen yang mengambil di PRIMKOPTI juga masih Rp 13.900 per kilogram.

“Untuk harga kedelai impor masih diangka Rp 14.150 per kilogram. Untuk itu, kami akan terus melakukan pengecekan harga setiap hari di pasar. Serta nantinya hal tersebut akan dilaporkan ke Badan Pangan Nasional,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Peserta Muria Research Center (MRC) diskusi terkait penelitian mitigasi bencana berbasis kearifan lokal Previous post MRC Lakukan Penilitian Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal di Tujuh Desa Kudus
Pj Bupati Pati Henggar saat mengisi acara koordinasi dan sosialisasi penggunaan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA Next post Baru Dibuka Sehari, 104 Orang Daftar PPK
Social profiles