Timbul Limbah, TPA Plosojenar Diminta Dikelola Sesuai Prosedur

Saat hujan, TPA Plosojenar menimbulkan limbah yang bercampur dengan air hujan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Suriyanto mengatakan hujan yang turun menyebabkan persoalan baru, yaitu air limbah dari TPA Plosojenar, Kecamatan Jakenan mengalir ke persawahan warga.

Menurutnya, yang menjadi permasalahan bukan terkait masalah gunungan aamapah, melainkan rembesan air limbah dari TPA di area persawahan warga tersebut menimbulkan bau yang tak sedap.

Saat hujan datang mengakibatkan limbah itu merembes ke area persawahan di sekitar dari TPA. Oleh karena itu, dia berharap pihak terkait segera mengambil tindakan atas persoalan itu sesuai standar operasional prosedur (SOP).

“Sampah itu akan membusuk dan menimbulkan limbah. Atas permasalahan ini semoga pemerintah daerah (Pemda) ke depannya mengelola sampah sesuai sop sehingga tidak menimbulkan bau, apalagi limbah yang berbahaya,” ujarnya, Senin (17/10/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan limbah cair dari TPA yang mengalir ke persawahan dinilai cukup berbahaya. Pasalnya, menurut Suriyanto cairan limbah itu mengandung bahan berbahaya yang akan menyebabkan tanah tidak produktif.

Sebagai tempat sampah, memang sudah menjadi hal yang wajar jika ada bau tidak sedap yang timbul. Akan tetapi, perlu dipikirkan bagaimana caranya limbah tersebut tidak merembes ke sekitar dan mencemari lingkungan. Sehingga, ketika hujan deras tidak perlu gusar akan limbah yang timbul.

“Yang menjadi permasalahan yaitu air hujan yang mengalir itu bercampur dengan limbah dari TPA, ini kasihan bagi petani di lingkungan TPA,” tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pemdes Winong Sepakati Jalan Poros Desa Diperbaiki Tahun Depan
Ilustrasi reklame di salah satu ruas jalan di Kabupaten Pati Next post BPKAD Sebut Rp 163 Juta Pajak Reklame Menunggak
Social profiles