Tanggapi Dibangunnya Jembatan Kembar, Anggota Komisi C Minta Kendaraan Over Ditindak

Tampak sejumlah kendaraan melintasi jembatan kembar

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Haryono, menekankan pentingnya untuk menjaga dan merawat infrastruktur umum Jembatan Kembar. Apalagi, jembatan itu hampir selesai dibangun sejak 4 bulan lalu.

Untuk menjaganya, kata dia, pihaknya meminta stakeholder terkait mulai Dinas Perhubungan (Dishub) hingga Satlantas turut serta berpartisipasi. Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memasang rambu-rambu di tempat tersebut.

“Kita sudah sering mengingatkan instansi terkait untuk menindak kendaraan yang melebihi kapasitas, kendaraan overload di jembatan,” ujar Haryono belum lama ini.

Menurutnya, selain berkoordinasi dengan Dishub, dia juga meminta kepada Satlantas agar memasang papan rambu-rambu. Dan atau pihak Satlantas menertibkan dengan menindak kendaraan yang melebihi kapasitas itu.

Sebab, dia menilai jika kendaraan overload melebihi kapasitas ini akan mempercepat usia bangunan jembatan. Bahkan, aspal jalan juga akan cepat bolong dan rusak. Olehnya, Haryono meminta pemangku kebijakan ini untuk melakukan komunikasi.

“Misalnya dengan mengadakan operasi rutin, apakah sebulan sekali terhadap kendaraan berat yang melanggar, karena ini dampaknya sangat besar,” bebernya.

Jika infrastruktur tersebut rusak sebelum batasan usia yang dihitung, maka yang kena getahnya adalah pemerintah setempat. Betapa tidak, lantaran untuk memperbaikinya harus mengalokasikan dari keuangan daerah.

Haryono menegaskan, misalnya jalan 1 tahun yang seharusnya belum rusak, tetapi justru sebaliknya rusak. Sehingga itu adalah tanggung jawab bersama agar peraturan benar-benar dijalankan.

“Saya minta supaya ada tindakan-tindakan dari Satlantas untuk pengawasan pelanggaran yang tidak sesuai aturan dengan memasang rambu-rambu jalan,” tandasnya.(adv)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pati, Bambang Susilo Previous post Ketua Komisi A: No Problem Penerapan Lima Hari Kerja
Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Pati, Ali Mundir (kanan) Next post Anies Dideklarasikan Capres, DPD Nasdem Pati Dukung Kebijakan Pusat
Social profiles