Sembilan Kecamatan di Kudus Masuki Musim Tanam Pertama, Pemkab Siapkan Stok

0
Ilustrasi orang menanam padi
Ilustrasi orang menanam padi

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Sembilan Kecamatan di Kabupaten Kudus sedang memasuki musim Tanam Pertama (MT-1) di bulan September hingga Desember. Terkait hal itu, Pemkab melalui Dinas Pertanian dan Pangan akan menyiapkan pupuk bersubsidi, Senin (10/10/2022).

“Saat ini sudah memasuki MT-1 yang mencakup seluruh kecamatan di Kudus, yang dimulai September lalu,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Dewi Masitoh.

Kabid Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian Pangan Kudus Dewi Masitoh
Kabid Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian Pangan Kudus Dewi Masitoh

Dewi Masitoh mengatakan, Pemkab Kudus sebelumnya sudah berkunjung ke Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Jateng terkait pupuk subsidi pertani dalam menghadapi MT-1 yang sudah direalisasikan.

“Kami Dispertan dan Pangan sudah mengunjungi Distanbun Jateng terkait realisasi pupuk subsidi untuk petani padi menghadapi MT-1,” katanya saat ditemui di sela kesibukannya.

Sementara itu, untuk total lahan pertanian di Kudus saat ini sebanyak 10.843 hektare. Untuk rincian bulan September yakni 981 hektare, Oktober sebanyak 5.929 hektare. Kemudian, 2.440 hektare untuk November, dan terakhir Desember 1.493 hektare.

Lebih lanjut, Kabupaten Kudus juga mendapatkan alokasi pupuk subsidi urea tambahan dan NPK sebanyak 625 ton. Sebelumnya di bulan Januari 2022 mendapatkan 9.875 ton yang diberikan ke petani.

“Untuk pupuk NPK tambahannya sebanyak 4.112 ton. Sebelumnya, alokasi awal pupuk NPK sebanyak 6.750 ton. Jika ditotal sebanyak 10.682 ton,” pungkasnya.