Membanggakan, SMP N 1 Sukolilo Juara Lomba Mendongeng Tingkat Nasional

0
Rana Azalia, kelas IX A SMP Negeri 1 Sukolilo meraih juara favorit III lomba Mendongeng FGLSN Tahun 2022
Rana Azalia, kelas IX A SMP Negeri 1 Sukolilo meraih juara favorit III lomba Mendongeng FGLSN Tahun 2022

SAMIN-NEWS.com, PATI – SMP Negeri 1 Sukolilo mencatatkan prestasi literasi tingkat nasional dalam ajang Festival Dongeng Nusantara yang diadakan oleh Forum Gerakan Literasi Sekolah Nasional (FGLSN). Festival ini diikuti mulai jenjang TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan SLB/SKH se-Indonesia.

Lomba mendongeng itu diikuti sebanyak 271 peserta dari semua tingkatan. Dari sejumlah ratusan pelajar itu kemudian panitia penyelenggara menyeleksi pertama 84 orang yang lolos. Lalu, diseleksi kembali menjadi 10 besar termasuk dari SMP N 1 Sukolilo.

Festival dongeng ini diikuti oleh Rana Azalia, kelas IX A SMP N 1 Sukolilo yang berbentuk video pendek. Dia membawakan cerita dongeng “Asal Usul Tradisi Meron Desa Sukolilo, Kabupaten Pati”, yakni sebuah perayaan memperingati Maulid Nabi Muhammad. Kemudian karyanya itu dikirimkan kepada panitia penyelenggara.

Kepala SMP Negeri 1 Sukolilo, Sudarman, mengucap syukur atas prestasi yang diraih siswinya tersebut. Prestasi ini turut serta membawa nama besar almamater SMP N 1 Sukolilo di kancah nasional.

“Alhamdulilah SMP Negeri 1 Sukolilo ditetapkan menjadi Juara Terfavorit III Lomba Mendongeng FGLSN Tahun 2022,” kata dia saat upacara penyerahan piala, piagam, dan giveaway pada Senin (15/10/2022).

Dalam kesempatan itu dirinya juga bersyukur bahwa SMP N 1 Sukolilo mendapat prestasi dari lomba yang diselenggarakan FGLSN juga. Yakni juara I Festival Membacakan Buku Cerita Anak dan juara I lomba Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) oleh guru Bahasa Indonesia, Qobla Harumika.

Sudarman juga mengingatkan agar hal ini menjadikan kita semua berpuas diri. Melainkan tetap terus berusaha dengan terus mengembangkan kemampuan literasi serta aktif mengikuti lomba-lomba literasi lainnya.

“Semoga dongeng yang disampaikan bermanfaat dan tradisi daerah bisa terus dilestarikan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dengan menonton video, menyukai, dan memberi komentar di youtube FGLSN,” tutupnya.