Kenalkan Budaya Tradisional, KKN-IK IAIN Kudus Gelar Festival Kampung Jawa

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dalam rangka memperkenalkan budaya tradisional jawa era 80 an. KKN-IK IAIN Kudus 2022 menggelar Festival Kampung Jawa (FKJ) di Desa Raguklampitan Kecamatan Batealit Jepara selama tiga hari pada Jumat (30/9) hingga Minggu (2/10).

Koordinator Tim KKN Muhammad Ikhsan Nurul Huda menyebut, festival tersebut bertujuan sebagai wadah dalam mementaskan minat bakat bagi warga, serta membuat panggung hiburan.

“FKJ merupakan wadah untuk memperkenalkan kembali budaya tradisional jawa di era 80an dan juga membuat panggung,” ungkapnya kepada Samin News, Sabtu (1/10/2022).

Selain itu, FKJ juga bertujuan dalam membangun Desa Raguklampitan untuk lebih maju dan berkembang dalam sektor melestarikan budaya tradisional yang digaungkan oleh KKN-IK IAIN Kudus.

“Selain memperkenalkan budaya tradisional Jawa, kami juga memperkenalkan makanan, minuman dan permainan khas jawa,” ungkapnya.

Ada juga dalam FKJ dimeriahkan oleh stand beberapa jenis makanan maupun minuman tradisional Jawa. Diantaranya, pecel, getuk, tiwul, jajan pasar, gempol pleret, tape, cendol, adon-adon coro, wedang uwuh, dan masih banyak lagi.

Tampak beberapa turut meramaikan FKJ
Tampak beberapa turut meramaikan FKJ

Ketua Panitia Festival Kampung Jawa Ahmad Maulana Asror mengatakan, penyelenggaraan FKJ itu sudah dilaksanakan sebanyak dua kali. Untuk edisi pertama digelar pada sebulan yang lalu.

“Untuk kegiatan FKJ Saya berharap tidak berhenti di sini saja. Mari ciptakan FKJ berikutnya dan selanjutnya,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post E-Majalah Samin News Edisi Bulan September 2022
Next post Aksi Penanaman 1001 Bibit KKN-IK IAIN Kudus di Desa Berugenjang
Social profiles