Gotong Royong Kepala Desa se-Kudus Bangun Rumah Tak Layak Huni

Kepala Desa Singocandi Hendra Rizqi Aprilyanto saat berada di rumah tak layak huni

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Kepala Desa se-Kabupaten Kudus melakukan gotong royong bersama membangun rumah warga yang tidak layak huni. Aksi sosial tersebut diinisiasi oleh Kejari Kudus, Selasa (11/10/2022).

“Saya Kepala Desa Singocandi mewakili paguyuban yang diawali oleh bapak-bapak Kejari Kudus melakukan aksi sosial untuk warga yang rumahnya tidak layak huni yang tidak bisa menggunakan dana desa,” kata Hendra Rizqi Aprilyanto selaku Kepala Desa Singocandi.

Oleh karena itu, para Kepala Desa dan Kejari melakukan patungan dana dalam melakukan pembedahan rumah warga di Desa Singocandi RT 1 RW 1 milik Suharyanto. Hasilnya terkumpul sebanyak Rp 50 juta.

“Dilakukan sedekah Kepala Desa masing masing untuk melakukan bedah rumah. Kemudian terkumpul kurang lebih Rp 50 jutaan. Kebetulan rumah ini dipilih pak Kejari diprioritaskan untuk rumah yang tdak ada atapnya,” jelasnya kepada Samin News.

Lebih lanjut, dalam pembangunannya diperkirakan memakan waktu kurang lebih satu bulan. Rumah tersebut aslinya memiliki ukuran 4,5m X 5 m. Kondisinya tidak memiliki atap, bahkan hanya menggunakan terpal biasa.

“Perkiraan selesai satu bulan. Memilih ini karena tidak ada atapnya, malah kemarin pakai terpal. Bapaknya berprofesi sebagai buruh serabutan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, dalam kedepan untuk pihak terkait bisa lebih kompak dan bersama dalam melakukan aksi sosial. “Harapan saya kedepan semoga bisa saling kompak untuk membantu warga ketika ada yang kesusahan,” ujarnya.

Rumah milik Suharyanto warga Singocandi yang dibongkar
Rumah milik Suharyanto warga Singocandi yang dibongkar

Suharyanto warga Singocandi pemilik rumah tak layak huni mengatakan, sebelumnya rumah yang ditinggali tersebut mengalami kerusakan terpal dan rusak sebagian. Selain itu, genteng diatap rumahnya sudah bocor.

“Untuk kerusakan terpal rusak separo. Genteng lama juga sudah bocor. Selain atap, itu temboknya diberi tirai dan terpal. Rumah saya berukuran 7X6 meter. Untuk saat ini perasaan saya haru dan senang,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Motor Didepan Toko Material Kudus Digondol Maling
Ketua Bidang Hubungan Legislatif DPP Partai NasDem Atang Irawan Next post Jelang 2024, Nasdem Kudus Genjot 600 Kadernya
Social profiles