Aksi Bersih Sungai Juwana dari Lintas Golongan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sejumlah komunitas lintas golongan menggelar aksi bersih Sungai Juwana, Sabtu (29/10/2022). Aksi bersih sungai itu difokuskan di sekitar Jembatan Sampang, Desa Purworejo, Kecamatan Pati Kota.

Ketua panitia kegiatan, Otniel Tumonglo mengatakan bahwa sebelumnya wacana ini timbul dari rasa kebersamaan. Adapun di dalamnya yang terlibat adalah dari Lembaga Keagamaan Kristen Indonesia (LKKI), Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampi Sawan), Banser, komunitas pecinta alam Wanameru, PMII dan Eco Enzyme Nusantara Pati.

Aksi bersih Sungai Juwana oleh lintas golongan di sekitaran Jembatan Sampang, Desa Purworejo, Kecamatan Pati, Sabtu (29/10/2022)
Aksi bersih Sungai Juwana oleh lintas golongan di sekitaran Jembatan Sampang, Desa Purworejo, Kecamatan Pati, Sabtu (29/10/2022)

“Kemudian kami sepakat mengadakan acara ini, yang mana tujuannya untuk memperhatikan kebersihan lingkungan sungai. Sebelumnya, panitia mengadakan survei di sini akhirnya disepakati bersama bersih sungai,” katanya di sela kegiatan.

Lebih lanjut dia menjelaskan rangkaian acaran kegiatan ini yaitu tabur eco enzym ke sungai, pembuatan eco enzyme, dilanjutkan membersihkan tanaman enceng gondok serta membersihkan Jembatan Sampang. Eco enzym ini, kata dia dibuat dari bahan kulit buah-buahan yang difermentasi sekitar 3 bulan.

“Eco enzyme ini manfaatnya banyak, salah satunya untuk membersihkan air sungai serta mampu menjaga ekosistem dari limbah,” ungkap Otniel.

Dia mengaku sampah yang dibuang ke sungai Juwana cukup memprihatinkan. Sehingga dengan ini diharapkan ekosistem sungai terjaga. Kemudian, timbul kesadaran bersama agar tidak membuang sampah rumah tangga ke sungai.

“Sampah banyak, acara ini untuk membangun kesadaran masyarakat di sekitar lambiran sungai untuk menjaga kebersihan serta tidak buang sampah di sungai,” jelasnya.

Menurutnya acara ini juga dalam rangka memperingati peringatan sumpah pemuda. Meski diakui yang terlibat ada juga yang usianya tua tetapi pesan semangat kepemudaan yang dibawa.

“Dengan acara kebersamaan seperti ini, membuat kita tidak mudah dipecah belah. Karena semuanya sama ciptaan Tuhan dan mempunyai kewajiban yang sama untuk menjaga lingkungan,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 28 Oktober 2022
Tampak rumah yang terkena dampak dari pembangunan Hotel Sato Kudus Next post Gelar Perkara Sidang ke Sembilan Majelis Hakim PTUN di Hotel Sato Kudus
Social profiles