Tekan Penyebaran Covid-19, Napi Lapas Pati Ikuti Vaksinasi Booster

0
Napi Lapas Pati ikuti vaksinasi dosis ketiga atau booster
Napi Lapas Pati ikuti vaksinasi dosis ketiga atau booster

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam rangka upaya pengendalian penyebaran virus Covid-19, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati melanjutkan program vaksinasi bagi narapidana (napi). Vaksinasi yang diberikan kali ini merupakan dosis ketiga atau vaksin booster.

Kasi Binadik dan Giatja Lapas Pati, Topan Ahmad Hadian mengatakan vaksinasi booster ini diselenggarakan atas kerjasama dengan yayasan Migran Care bersama dengan Puskesmas Pati Kota 1.

“Sebanyak 100 napi mengikuti program vaksinasi booster di Lapas. Setelah sebelumnya mereka mengikuti vaksin pertama dan kedua,” ucap Topan di sela mendampingi napi, Sabtu (24/9/2022).

Kegiatan vaksinasi bagi napi ini dimulai dari peserta hadir di lokasi dengan menerapkan protokol kesehatan, mengisi data diri, dan skrining. Setelah itu, mereka baru mendapatkan suntik vaksin oleh petugas.

Menurut Topan Covid-19 belum sepenuhnya hilang, melalui booster ini diharapkan membentuk kekebalan tubuh masyarakat utamanya di lingkungan Lapas.

“Sehingga dengan adanya vaksinasi ini dapat menekan resiko penularan dan penyebaran Covid-19 dikalangan pegawai dan warga binaan. Tujuannya untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19 yang hingga hari ini belum hilang secara sepenuhnya.

Dia menambahkan, selain untuk membentuk imunitas tubuh, booster juga menjadi syarat kunjungan tatap muka di dalam Lapas. Karena, ini merupakan peraturan yang telah ditetapkan dari pimpinan pusat.

“Di sisi lain, ini juga menjadi syarat kunjungan tatap muka bagi keluarganya terhadap napi. Ketika belum vaksin ketiga harus dibuktikan dengan antigen,” tandas Topan.