294 Pelajar Ikuti Seleksi Tilawah Tingkat Kabupaten

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) bagi tingkat pelajar yang diikuti sebanyak 294 orang pada Sabtu (24/9/2022).

Kasi Bimas Kemenag Pati, Moh Alimin, mengatakan STQ ini dimaksudkan untuk pembinaan cabang tilawah tingkat daerah. Pasalnya ada yang pengembangan di sekolah, ada di desa ataupun tingkat kecamatan.

Seorang pelajar tengah membaca alquran dalam rangka mengikuti perlombaan STQ, Sabtu (24/9/2022
Seorang pelajar tengah membaca alquran dalam rangka mengikuti perlombaan STQ, Sabtu (24/9/2022

“Kegiatan ini diikuti 21 kecamatan, masing-masing kecamatan mengirimkan 14 pelajar, yaitu 7 putra dan 7 putri. Sementara STQ sendiri itu (yang dilombakan) ada tujuh cabang,” ucapnya di sela kegiatan.

Dirinya menjelaskan tujuh cabang tersebut antara lain cabang tilawah untuk anak-anak putra-putri, cabang tilawah untuk dewasa putra-putri, cabang tahfidz 1 juz putra-putri anak-anak, cabang tahfidz 1 juz dewasa bagi putra-putri.

Kemudian, lanjut Alimin cabang tahfidz 5 juz tilawah putra-putri, cabang tahfid 10 juz putra-putri, cabang tahfidz 20 juz, serta tahfidz 30 juz.

“Semuanya putra putri jadikan karena 7 cabang putra-putri menjadi 14 kan. Dan setiap Kecamatan 14 kali 21 berarti 294 peserta,” ungkapnya.

Perlombaan STQ, menurutnya untuk menyiapkan bibit-bibit pelajar yang nantinya setelah menang tingkat kabupaten akan didelegasikan mewakili daerah di tingkat di atasnya yaitu tingkat provinsi.

“Salah satu tujuannya itu kan kita menyiapkan lah menyiapkan calon kontingen Kabupaten Pati untuk jenjang berikutnya. Iya ini yang terbaik dari tingkat kecamatan sebelum seleksinya kita serahkan ke masing-masing Kecamatan dengan cara seperti apa itu yang menentukan Kecamatan,” jelasnya.

Bagi pemenang STQ tingkat Kabupaten Pati ini, selanjutnya mereka akan mewakili daerah di kompetisi atasnya. Akan tetapi, untuk pelaksanaannya masih tahun depan tahun 2023.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Sebuah rumah terbakar di Jambean, Sidokerto, Kecamatan Pati Kota, Sabtu (24/9/2022) Previous post Kebakaran Rumah di Sidokerto, Dua Balita Terpanggang
Napi Lapas Pati ikuti vaksinasi dosis ketiga atau booster Next post Tekan Penyebaran Covid-19, Napi Lapas Pati Ikuti Vaksinasi Booster
Social profiles