Peredaran Rokok Ilegal Jadi Atensi Satpol PP dan APH

0
Kabid PPHD pada Satpol PP Kabupaten Pati, Endang Sulistiyani saat memberikan materi pada sosialisasi pemberantasan cukai ilegal d9 Wedarijaksa
Kabid PPHD pada Satpol PP Kabupaten Pati, Endang Sulistiyani saat memberikan materi pada sosialisasi pemberantasan cukai ilegal d9 Wedarijaksa

SAMIN-NEWS.com, PATI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati mengatakan beberapa waktu terakhir ini menemukan rokok ilegal di Bumi Mina Tani. Hal ini yang menjadikan keprihatinan tersedia mengingat rokok ilegal itu merugikan negara.

Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Produk Hukum Daerah (PPHD) pada Satpol PP, Endang Sulistiyani menyatakan peredaran rokok di tengah masyarakat menjadi atensi serius aparat penegak hukum dan Bea Cukai.

“Yang ditemukan sudah banyak, ada berapa ribu batang. Artinya dihitung per dus, dan semuanya diserahkan kepada bea cukai Kudus untuk dimusnahkan karena itu rokok ilegal,” ucap Endang.

Hal itu ia sampaikan saat kegiatan sosialisasi pemberantasan cukai tembakau ilegal di kantor Desa Wedarijaksa, Kecamatan Wedarijaksa, Rabu (31/8/2022). Kegiatan ini dihadiri, Kejari Pati, Bea Cukai Kudus Sekretariat Daerah dan puluhan warga setempat.

Ia mengaku, Satpol PP yang dibantu jajaran aparat penegak hukum (APH) terus melakukan upaya menggempur peredaran rokok ilegal dengan menggelar sosialisasi secara masif. Selain itu juga sebagai penegakan hukum terhadap pelanggaran atas perundang-undangan tentang cukai.

Melalui upaya ini, diharapkan mampu menekan peredaran rokok ilegal, masyarakat sadar tidak memperjualbelikan rokok tanpa bercukai dan diharapkan juga masyarakat melaporkan jika ada informasi terkait peredaran rokok ilegal di lingkungannya.

“Rencana ke depan kita sering mengadakan operasi di pasar-pasar, toko-toko, dan di pelosok daerah kita operasi semua. Jadi bisa mengurangi peredaran rokok ilegal. Kalau sosialisasi tetap kita laksanakan di tiap-tiap kecamatan,” pungkasnya.

Endang menegaskan dengan masifnya gerakan sosialisasi dapat memahamkan masyarakat mengenai cukai rokok ilegal. Serta sebagai penegakan hukum dirinya juga terjun ke tengah masyarakat melakukan operasi pasar.