Pemkab Pati Distribusikan BLT BBM Total Rp600 Ribu

Simbolis, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyerahkan BLT BBM

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima bantuan sosial Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan sembako di Kantor Pos Pati, Jl. Jenderal Sudirman No. 61, Kabupaten Pati, Kamis (8/9/2022) pagi tadi.

Mereka yang terdaftar sebagai penerima BLT tersebut menerima sebanyak uang tunai sebesar Rp500 ribu dengan rincian BLT BBM Rp300 ribu ditambah dengan Bantuan Sembako dalam wujud tunai senilai Rp200 ribu.

Penyaluran BLT BBM ini dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro, disaksikan pegawai kantor pos setempat, jajaran TNI-Polri dan masyarakat sebagai penerima.

“Tahap I 43 ribu KPM penyalurannya nanti digilir, sementara hari ini ada sekitar 800 orang menerima BLT ini. Penyalurannya bersamaan dengan bantuan sembako yang diwujudkan tunai karena diharapkan tentunya sebagai percepatan sampai ke bapak/ibu sekalian,” kata Henggar dalam sambutannya.

Diharapkan masyarakat agar menggunakan dana BLT tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokok. Sebab, pasca naiknya harga BBM pada 3 September 2022 lalu, akan berdampak pada kenaikan harga sejumlah bahan pokok. Di sisi lain, penyaluran Bansos ini sebagai bantalan sosial menjaga agar tidak terjadi inflasi besar-besaran.

Henggar melanjutkan, tidak semua masyarakat menerima bantuan ini, Pemerintah mengacu pada Data Terpadu Kesejahterasn Sosial (DTKS). Olehnya sebagianr juga ada yang tidak mendapatkan bantuan. Seperti nelayan, dirinya memastikan akan mendapatkan bantuan dari sektor lain.

“Kita persiapkan lagi, di samping BLT yang hari ini dibagikan BPNT yang tentunya datanya terus diverifikasi lagi karena jangan sampai dobel. Yang jelas ketika sudah dapat BLT ini tidak dapat bantuan lainnya, gitu, harapannya seperti itu,” jelasnya.

Henggar mengimbau BLT ini dimanfaatkan untuk memenuhi keperluan kebutuhan pokok. Sehingga bisa mengurangi beban yang dialami.

“Mudah-mudahan BLT yang diterima bapak/ibu ini bisa mengurangi beban yang dialami. Tentunya pemerintah menaikkan BBM sudah banyak melakukan pertimbangan yaitu dengan menyalurkan BLT ini langsung secara langsung bahkan kemarin ada sebagian yang dicicil,” ungkap Henggar.

Sebagai informasi, penyaluran BLT BBM akan didistribusikan dua tahap dengan total keseluruhan 129 ribu KPM masing-masing senilai Rp300 ribu. Tetapi jadwal penyaluran tahap dua belum diinformasikan lebih jelas bakal kapan disalurkan oleh pihak yang berwenang.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Berbagai paket pelatihan yang diselenggarakan UPTD BLK Pati dari anggaran DBHCHT Previous post Delapan Paket Pelatihan BLK dari DBHCHT Rampung Dikerjakan
Pimpinan DPRD Kabupaten Pati saat beraudiensi dengan mahasiswa PMII, Kamis (8/9/2022) Next post Harga BBM Subsidi Naik, Peran Partai Dipertanyakan
Social profiles