Pekan Pengenalan Akademik, 100 Mahasiswa Ikuti Seminar

0
Satintelkam Polres Kudus Iptu Subkhan saat menyampaikan materi dihadapan peserta seminar.
Satintelkam Polres Kudus Iptu Subkhan saat menyampaikan materi dihadapan peserta seminar.

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Sebanyak 100 Mahasiswa IAIN Kudus berpartisipasi mengikuti kegiatan seminar tentang Pekan Pengenalan Akademik 2022 yang digelar di Aula Balai Desa Terban Jekulo, Sabtu (17/9/2022).

Seminar itu diikuti oleh Himpunan Mahasiswa Program Study Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, yang menghadirkan narasumber Kanit Keamanan Satintelkam Polres Kudus Iptu Subkhan untuk berbagi cerita tentang kegiatan pendampingan yang telah dilakukan kepada para narapidana.

“Manusia kodratnya bisa melakukan kesalahan, bisa juga benar. Sesuai ajaran agama kita diperingatkan untuk mengingatkan satu sama lain dalam kebaikan” ungkap Iptu Subkhan.

Lebih lanjut, bentuk dari itu yakni, lanjut Subkhan, dengan cara memberikan konseling. Menurutnya, belajar tentang ilmu tersebut sama artinya sedang berproses untuk menempatkan diri bermanfaat bagi lainnya.

“Seperti membantu seseorang ketika memiliki masalah. Jika dalam pendidikan objeknya ialah siswa yang bermasalah,” ucap pernyataan Iptu Subkhan.

Subkhan menuturkan, objek yang bermasalah tersebut bukan musuh yang harus diperangi, melainkan orang tersesat yang lupa arah jalan pulang, dan tugas kita adalah menunjukkan jalan pulang kepadanya.

Dalam hal tersebut, konselor juga wajib dalam memahami permasalahannya dahulu, agar dapat membantu menyelesaikan hal tersebut seperti, keluarga, dan pergaulan.

Jika sudah tahu, maka konselor belajar untuk mengenali potensi yang muncul dalam dirinya, untuk menilai kekurangan, kelebihan, maupun kekuatannya, serta hambatan saat menyelesaikan masalah.

Jika hal itu dilakukan, nantinya akan membuat objek lebih mudah menerima dan sadar akan kesalahannya. Jika berhasil, harapannya bisa berubah menjadi lebih baik.