Inisiasi Kemendikbud, SMK Duta Karya Kudus Ikuti ANBK 2022

Siswi SMK Duta Karya mengikuti ANBK, (Foto : Adam Naufaldo)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 yang diinisiasi oleh Kemendikbud Ristek telah dilaksanakan selama dua hari, yakni Rabu (31/8/2022) dan Kamis (1/9/2022) di SMK Duta Karya Kabupaten Kudus melalui 60 muridnya, Jumat (2/9/2022).

Pelaksanaan ANBK tersebut berguna untuk mengetahui tingkat kualitas pembelajaran di sekolah dan menunjang standar kompetensi nasional. Selain itu, 60 murid tersebut terpilih secara acak berdasarkan data dari Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud RI 2022.

Selain itu, menurut Muchammad Zaini selaku Humas SMK Duta Karya menyebut, pelaksanaan ANBK itu menjadi acuan untuk menentukan nilai rapor siswa di sekolah yang meliputi materi SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) di setiap jurusan dan ditentukan Kemendikbud.

“Alhamdulilah dihari pertama pelaksanaan ANBK berjalan baik. Dan untuk materi sudah ditentukan dari Kemendikbud pusat,” kata Zaini sapaan akrabnya saat ditemui di sekolah.

Lebih lanjut, pihaknya telah menyiapkan antisipasi berupa menyiapkan jaringan wifi, serta kendala di jaringan listrik sudah dipersiapkan. Untuk materi hari pertama berupa, materi literasi dan survei karakter. Dihari kedua, numersasi dan survei lingkungan belajar.

Shofwan Wahyudi selaku Waka Kurikulum SMK Duta Karya menyebut, pelaksanaan ANBK memiliki pengawas yang berasal dari SMK Miftahul Falah, SMK Hasyim Asy’ari, dan SMK Lukman Al Hakim yang berada didalam satu ruangan. Untuk teknis satu sesi per hari di 3 ruangan laboratorium komputer.

“Peserta diseleksi langsung dari Dapodik. Dari keseluruhan 200 siswa kelas 11, terseleksi sebanyak 60 siswa yang mengikuti ANBK,” ujarnya Shofwan saat ditemui di ruangan.

Terkait pelaksanaan itu, ia berharap agar dapat mencetak lulusan yang kompeten dan mampu meningkatkan kualitas serta minat belajar peserta didik.

Penulis
Adam Naufaldo

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama bersama Kapolsek Kaliwungu AKP Asnawi yang resmi naik pangkat menjadi Komisaris Polisi, (Foto : Adam Naufaldo) Previous post Kapolres Kudus Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Kapolsek Kaliwungu
Satpol PP Pati Jaring 11 Pasang bukan suami istri alias kumpul kebo, Jumat (2/9/2022) Next post Satpol PP Pati Jaring 11 Pasang Kumpul Kebo
Social profiles