Henggar Harap Pendataan Regsosek Hasilkan Data Valid

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro

SAMIN-NEWS.com, PATI – Penjabat (Pj) Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro meminta seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat di Kabupaten Pati, ikut menyukseskan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022.

Pendataan Awal Regsosek yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini baru tahap koordinasi dengan mengundang seluruh instansi vertikal di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati yang berlangsung di Hotel New Merdeka, Selasa (20/9/2022).

Rapat Koordinasi tersebut mengusung tema Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022 Mencatat untuk Membangun Negeri Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Henggar mengatakan data yang digunakan sekarang ini masih menggunakan data tahun 2015 lalu. Sehingga, sejauh ini terjadi proses dinamika yang terjadi di tengah masyarakat, baik itu terkait dengan aspek sosial, ekonomi hingga pada tingkat kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Banyak data yang mungkin tingkat kevaliditasnya kurang bagus, karena itu data yang diambil tahun 2015. Oleh karena itu, diharapkan ada pembaruan data,” ucap Henggar kepada wartawan.

Pendataan ini merupakan upaya untuk mewujudkan Satu Data Indonesia yang berguna bagi pemerintah pusat dan daerah dalam membantu mengentaskan kemiskinan ekstrim. Serta digunakan dalam dukungan data dari berbagai kebijakan yang akan diambil pemerintah.

“Digunakan dalam rangka permasalahan-permasalahan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tujuannya untuk basis data program perlindungan sosial,” jelasnya.

Henggar berharap pendataan Regsosek itu nantinya memperoleh data yang benar-benar valid sesuai dengan apa yang ada di lapangan. Hasil Regsosek tersebut akan mencerminkan profil suatu keluarga di masyarakat.

“Apa yang kita lakukan pada pagi hari ini, tujuannya untuk melakukan pendataan kepada masyarakat. Sehingga nanti data yang ada mencerminkan profil di masyarakat, profil ekonomi, sosial, profil kesejahteraan dan lainnya. Itu yang menjadi data betul-betul terverifikasi di lapangan,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Bupati Hartopo saat mengikuti kegiatan Seminar di Bawaslu Kudus Previous post Sanksi Tegas Aparatur Sipil Negara di Kudus yang Berpolitik
Kepala BPS Kabupaten Pati, Anang Sarwoto Next post BPS Pati Gelar Rakor Pendataan Awal Regsosek
Social profiles