Founder Alammu Parijotho Paparkan Materi Strategi Marketing di Seminar KKN-IK IAIN

0
Triyanto R Sutardjo saat menyampaikan paparan materi mengenai strategi marketing
Triyanto R Sutardjo saat menyampaikan paparan materi mengenai strategi marketing

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Founder Alammu Parijotho Triyanto R Sutardjo memberikan paparan materi mengenai Strategi Marketing dalam memberdayakan UMKM yang disampaikan melalui Seminar KKN-IK IAIN di Balai Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo Kudus, Senin (19/9/2022).

Dalam penyampaiannya, Triyanto R Sutardjo selaku Founder Alammu Parijotho Kudus menyebut, Strategi Marketing merupakan instrumen penting dalam memberdayakan UMKM. Diharapkan dengan hal itu, lebih berkembang dan berdaya.

Era kemajuan teknologi 5.0 ini, lanjut dia, UMKM perlu diedukasi mengenai strategi marketing agar dapat mandiri dan juga mampu memberdayakan anggotanya. Bisa juga mengikuti kompetisi lokal maupun nasional, dan melakukan promosi melalui sosmed.

Para pelaku UMKM bisa juga mengajak partner, memperbanyak agent, dan dropshiper termasuk mengajak anak muda yang melek digital. Hal itu berguna dalam menambah relasi dan promosi agar dapat menjangkau pasar lebih cepat dan luas. Seperti mengikuti expo, dan pameran.

“Saya berpesan untuk anak muda wajib memiliki jiwa wirausaha, dengan cara mengasah kemampuan dan softskill yang bermanfaat sebagai bekal kedepannya,” ungkapnya.

Kepala Desa Kesambi Mokhamad Masri menyebut potensi UMKM di Desa yang dipimpinnya cukup banyak. Namun untuk pemasarannya sejauh ini belum maksimal.

“Perkembangan teknologi yang semakin canggih, sudah saatnya masyarakat desa untuk melek digital. Dan seminar itu bisa dimanfaatkan maksimal oleh pelaku UMKM dan masyarakat Desa Kesambi,” pungkasnya.