Dinkopumkm Harap Lembaga Keuangan Fasilitasi UMKM soal Manajemen

Wahyu Setyawati Kepala Dinkopumkm

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinkopumkm) Kabupaten Pati berharap sektor UMKM mampu meningkatkan perusahaannya. Baik mulai manajemen produksi, tata kelola keuangan hingga meningkatkan SDM yang unggul.

Ini diungkapkan Kepala Dinkopumkm, Wahyu Setyawati menanggapi Bazar UMKM Klaster Mantriku yang diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) di halaman Stadion Joyokusumo Pati, Sabtu (17/9/2022).

Dinkopumkm, kata Wahyu mendorong lembaga keuangan untuk memfasilitasi UMKM. Ini dimaksudkan agar pelaku usaha mendapatkan ilmu seputar pengelolaan manajemen keuangan usaha yang dijalankan.

“Upaya kami Dinkopumkm untuk meningkatkan dan menumbuhkan UMKM memberi kesempatan bagi lembaga keuangan untuk mewujudkan program-programnya kepada UMKM dan memfasilitasi manajemen pengelolaan keuangan,” ucap Wahyu.

Manajemen tata kelola perusahaan ini jika diterapkan bagi pelaku UMKM akan sangat membantu meningkatkan usahanya. Yang tak kalah pentingnya yaitu mengenai pola mindset pelaku UMKM.

“Pembinaan secara intensif mulai tata kelola, manajemen, serta pola pikir pelaku. Karena mindset usaha mikro harus berubah kalau mau sukses ya harus mau repot, mau rekoso. Jika mindset berubah otomatis mau berekreasi dan berinovasi mengembangkan usahanya,” ungkapnya.

Menurutnya, Kegiatan Bazar Klaster Mantriku ini sangat ditunggu oleh pelaku UMKM. Dengan kegiatan ini upaya untuk lebih berkembang lebih tumbuh di masa-masa pasca pandemi ini bisa terwujud. Serta diharapkan omset UMKM semakin meningkat.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Pembukaan bazar klaster mantriku, Sabtu (17/9/2022) Previous post Gelar Bazar Mantriku, Dukungan BRI pada UMKM
Anggota DPR RI, Sudewo (tengah) yang didampingi Ketua DPC Gerindra Pati, H. Hardi (kanan) saat pembukaan turnamen Bola Voli Sudewo Cup, Sabtu (17/9/2022 Next post Anggota Komisi V DPR RI, Sudewo Saksikan Turnamen Sudewo Cup di Margoyoso
Social profiles