Swadaya Masyarakat Desa Gondang Manis Kudus Gelar Pasar Plumpatan

0
Rangkaian kegiatan Pasar Plumpatan yang digelar di Desa Gondang Manis, (Foto : Adam Naufaldo)
Rangkaian kegiatan Pasar Plumpatan yang digelar di Desa Gondang Manis, (Foto : Adam Naufaldo)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dalam rangka memeriahkan momen bulan Agustus, masyarakat Desa Gondang Manis berswadaya menggelar acara kegiatan Pasar Plumpatan yang akan dilaksanakan Minggu, (28/8/2022) mendatang.

Rizqi selaku koordinator acara tersebut mengatakan, gelaran pasar tersebut merupakan tindak lanjut dari acara Haul Mbah Datuk Singoproyo Citro Simo II, serta festival plumpatan.

“Pasar plumpatan adalah tindak lanjut dari Acara Haul cikal bakal Desa Gondangmanis Mbah Datuk Singoproyo Citro sumo II dan festival plumpatan yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali,” kata Rizqi saat ditemui di kediamannya, Selasa (23/8/2022).

Dalam rangkaian kegiatan yang akan digelar pada Ahad Legi, Minggu (28/8/2022) adalah kegiatan Pasar Plumpatan yang diselenggarakan setiap selapan sekali, yang berkonsep Pasar Tiban.

“Untuk kegiatan besok adalah kegiatan Pasar Plumpatan yang akan di selenggarakan setiap Selapan sekali setiap hari Ahad Legi. Konsep Pasar plumpatan yaitu Pasar Tiban,” ungkapnya kepada Samin News.

Sementara, untuk rangkaian acara terdiri dari kuliner tradisional yang pesertanya dari warga sekitar, UMKM yang ada di wilayah Desa Gondang Manis, dan permainan jadul. Sembari mengadakan lomba 17 Agustusan. Nantinya acara tersebut dimulai pukul 06.00 pagi s/d 12.00 siang.
“Pasar Plumpatan tanggal 28 Agustus 2022 ini adalah gelaran yang perdana,” terangnya.

PLT Sekdes Gondang Manis Sugiono menyebut, digelarnya acara itu untuk upaya meningkatkan pemberdayaan UMKM. “Jadi dibuatlah pasar. Kedepan mudah-mudahan bisa jadi wahana wisata,” kata dia.

“Kegiatan itu sudah kedua kalinya diadakan, yang merupakan tindak lanjut dari festival plumpatan yang sebelumnya yakni, Haul Mbah Datuk. Dilaksanakan setiap Minggu Legi. Filosofi awal untuk mengangkat sejarah,” sambungnya.

Penulis
Adam Naufaldo