Ratusan Warga Ramaikan Kirab Budaya ‘Haul Mbah Lo’ di HUT RI ke-77

0

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Sebanyak ratusan warga mengikuti Kirab Budaya dan Buka Luwur memperingati Haul Mbah Lo ke-10 di Dukuh Ngelo, Desa Karangrowo Undaan Kudus, sekaligus bertepatan di Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, Rabu (17/8/2022).

Hery Darwanto selaku Lurah Karangrowo mengatakan kirab tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Haul Mbah Lo ke-10 pada 17 Agustus 2022.

“Kegiatan ‘Haul Mbah Lo’ Dukuh Ngelo ini bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-77,” kata dia saat ditemui usai kegiatan kirab budaya.

Kirab Budaya tersebut melibatkan dari seluruh warga di Dukuh Ngelo sebanyak 500 orang. Banyak atribut yang digunakan pada kegiatan itu yakni, ada yang menggunakan seragam merah putih, dan juga membawa bendera Indonesia.

“Peserta hampir semuanya mengikuti dari RT/RW juga ada. Kami libatkan kurang lebih 500 orang,” katanya.

Lebih lanjut, untuk gunungan di kegiatan tersebut berjumlah 16 yang terdiri atas limpahan hasil olahan Dukuh Ngelo. Seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan masih banyak lagi.

Beberapa warga Dukuh Ngelo meriahkan kirab sekaligus menggunakan seragam sekolah dasar (SD) untuk memperingati HUT RI ke-77, (Foto : Adam Naufaldo)
Beberapa warga Dukuh Ngelo meriahkan kirab sekaligus menggunakan seragam sekolah dasar (SD) untuk memperingati HUT RI ke-77, (Foto : Adam Naufaldo)

Setelah kirab dilaksanakan, dirinya berharap kedepan nantinya bisa membangun pasar khusus UMKM di Dukuh Ngelo sebagai momen awal untuk dijadikan sejarah sekaligus membuat event tertentu yang bermanfaat bagi warganya.

Selain itu, dengan adanya sk desa wisata di Karangrowo. Ia juga berharap hal tersebut bisa memberikan semangat ke warganya serta desa yang dipimpinnya tidak dipandang sebelah mata.

“Disini masih ada wisata budaya yakni sedulur sikep dan memanfaatkan potensi alam yang ada di Dukuh Ngelo,” pungkasnya.

Penulis
Adam Naufaldo