Peran ASI Ekslusif Untuk Bayi Baru Lahir Hingga Enam Bulan

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kudus Nuryanto, (Foto : Adam Naufaldo)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Peran vital ASI ekslusif untuk pemberian ke bayi baru lahir hingga berusia enam bulan sangat penting, tanpa tambahan makanan maupun minuman lainnya. Sebab, hal itu merupakan rekomendasi dari World Health Organization (WHO).

“Pemberian Air Susu Ibu (ASI) sangat penting karena rekomendasi dari WHO. ASI ekslusif diberikan saat usia 0-6 bulan, dan diwajibkan harus diberikan asi ekslusif tanpa tambahan makanan dan minuman. Itu cukup,” ujar Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Nuryanto, Rabu (31/8/2022).

Lebih lanjut, Nuryanto mengatakan, rekomendasi pemberian ASI ekslusif untuk bayi dari WHO sebenarnya hingga berusia dua tahun, jika tidak ada kendala dan mampu. Namun, paling tidak hingga enam bulan.

“Namun rekomendasi pemberian ASI dari WHO sebenarnya hingga 2 tahun. Paling tidak 6 bulan, jika mampu sampai 2 tahun. Karena hal itu berdampak pada kasih sayang ibu ke anak dan memberikan daya tahan tubuh. Karena sifatnya tidak tergantikan,” terangnya.

Selain itu, Nuryanto juga membeberkan kepada Samin News jika seorang ibu memiliki kendala tentang ASI yang tidak keluar. Caranya dengan melakukan teknik pengompresan menggunakan handuk kecil lalu dipijat.

“Ketika asi tidak keluar yang harus dilakukan adalah pengompresan pakai air hangat dan diberi handuk kecil kemudian dipijat. Bisa juga perawatan dengan minyak goreng yang tidak terpakai yakni dioleskan dibagian sensitif agar sedini mungkin ASI bisa diberikan kepada bayinya,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan terkait seorang ibu-ibu pekerja yang memiliki kesibukan dan tidak sempat memberikan ASI kepada anaknya, bisa di stok di lemari es.

“Untuk Ibu-ibu yang kerja tidak sempat memberikan ASI jika di stok dikulkas boleh saja. Kita juga memiliki wacana disitu. Sebab, Kudus kebanyakan pekerja untuk cuti 3 bulan maksimal, setelah 3 bulan itu ada waktu memberikan ASI,” pungkasnya.

Penulis
Adam Naufaldo

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Stand BPJS Kudus saat berada di Pasar Rakyat Kudus, (Foto : Adam Naufaldo) Previous post Sasar Pedagang, BPJS Kudus Jemput Bola di Pasar Baru
Next post E-Majalah Samin News Edisi Bulan Agustus 2022
Social profiles