Pengabdian Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa UNISNU Jepara Kembangkan Kompetensi Digital Guru SDIU Fadlun Nafis

0
Penyampaian materi perkembangan teknologi oleh Wulan Sutriyani, M.Pd
Penyampaian materi perkembangan teknologi oleh Wulan Sutriyani, M.Pd

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Tim penelitian dan pengabdian UNISNU Jepara yang diketuai oleh Wulan Sutriyani, M.Pd. mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM-DM) dengan judul Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Edukatif Berbasis Digital (Powtoon dan Prezi).

Kegiatan ini dihadiri 7 peserta dari Kepala Sekolah dan guru di SDIU Fadlun Nafis Bangsri berlangsung pada hari Kamis tanggal 18 Agustus 2022 bertempat di salah satu ruang kelas SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara.

Program kolaborasi dosen dan mahasiswa ini dicanangkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNISNU Jepara. Program PKM ini terealisasi dengan adanya dana hibah dari kampus untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Wulan Sutriyani, M.Pd selaku ketua tim mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah SDIU Fadlun Nafis Bangsri atas kesempatan dan waktunya untuk melaksanakan kegiatan pengabdian ini.

“Kegiatan pengabdian ini merupakan upaya untuk melatih para guru untuk membuat media pembelajaran digital yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Melalui media digital berbasis powtoon dan prezi, motivasi dan semangat belajar peserta didik akan meningkat karena adanya media yang inovatif dan menarik untuk anak SD (Sekolah Dasar). Hal tersebut akan bermanfaat bagi peserta didik karena meningkatnya motivasi dan semangat belajar mampu mempengaruhi prestasi akademiknya”. pungkasnya

Kegiatan PKM ini menghadirkan Wulan Sutriyani, M.Pd., Dwiana Asih Wiranti, M.Pd., Ahmat Wakit, M.Pd dan 4 Mahasiswa PGSD FTIK Unisnu Jepara yang terdiri dari Syifa Fauziah, Aulia Nur Faizah, Elma Tiara Wulandari dan Hilda Nur Maziyah.

Narasumber pertama, Wulan Sutriyani, M.Pd menyampaikan beberapa materi tentang perkembangan teknologi dari 1.0 hingga 5.0, pada masa 5.0 diharapkan mampu mengikuti perkembangan zaman dengan menerapkan teknologi untuk membuat media pembelajaran digital .

Narasumber kedua Ibu Dwiana Asih Wiranti, M.Pd. menyampaikan materi tentang media digital powtoon dan prezi.

Kemudian praktik membuat media pembelajaran berbasis powtoon dilaksanakan bersama-sama yang di latih oleh dosen dan mahasiswa. Guru-guru dibagi menjadi 3 kelompok untuk praktik membuat media berbasis digital dengan yang juga dibantu oleh para mahasiswa. Kegiatan praktik berlangsung sangat menarik karena para guru yang sangat antusias dalam membuat media pembelajaran digital berbasis powtoon.

Segenap guru praktik pembuatan media pembelajaran powtoon dibantu mahasiswa
Segenap guru praktik pembuatan media pembelajaran powtoon dibantu mahasiswa

Di akhir acara, Kepala sekolah Insiyatul Uliyah, S.Pd.I. menyampaikan kegiatan pelatihan media digital berbasis powtoon dan prezi ini bagus jika diterapkan guru dalam pembuatan media pembelajaran SD, karena bisa meningkatkan motivasi belajar yang dapat berpengaruh kepada prestasi belajar anak.

Kegiatan ini diakhiri dengan menampilkan hasil pembuatan media digital kemudian dilanjutkan kenang-kenangan sebagai bentuk ucapan terimakasih serta sesi foto bersama.

Penulis: Hisyam Nasyith