521 Warga Sokokulon Terima Sertifikat Tanah Program PTSL

0
Penyerahan sertifikat tanah program PTSL di Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo
Penyerahan sertifikat tanah program PTSL di Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo, bersama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pati menyerahkan sertifikat hak atas tanah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Balaidesa Sokokulon, Senin (22/8/2022).

Kades Sokokulon, Jami’an mengatakan sebanyak 521 sertifikat PTSL diserahkan kepada warganya. Sertifikat diserahkan secara simbolis kepada 5 orang perwakilan.

Menurutnya, PTSL merupakan pendaftaran tanah sistematis yakni program yang diluncurkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sebelum adanya program PTSL tersebut, Pemdes Sokokulon melihat masih banyak status tanah yang belum jelas. Banyaknya ketidakjelasan status tanah ini, membuat resah.

“Dengan adanya ini bisa menyelesaikan masalah yang ada terkait dengan pertanahan. Jumlah yang dibagikan ada 521 sertifikat,” kata Jami’an usai acara penyerahan kepada wartawan.

Dari sejumlah sertifikat yang dibagikan itu, pihaknya menegaskan masih ada 64 sertifikat yang belum jadi. Dia berharap dalam waktu dekat, bulan-bulan ini sisanya bisa direalisasikan dibagikan kepada yang bersangkutan.

Dirinya menyebut, sertifikat yang belum jadi ini lantaran persyaratan belum mampu dipenuhi oleh yang bersangkutan. Sehingga tidak bisa diproses selanjutnya untuk penerbitan sertifikat. Maka dari itu, pihaknya akan mengkomunikasikan kepada BPN.

“Memang ada sertifikat yang persyaratannya belum terpenuhi, misalnya terkait dengan penandatanganan ahli waris. Maka yang belum ini tidak bisa dikerjakan. Sementara sisanya sertifikat yang belum jadi itu, kita kembalikan kewenangan ke BPN,” pungkasnya.