Pemkab Kudus Anggarkan 5 Milliar Perlebar Akses Wisata Rahtawu

0
Bupati Kudus Hartopo beserta jajaran lainnya meninjau pelebaran jalan di Desa Rahtawu, (Foto : Adam Naufaldo)
Bupati Kudus Hartopo beserta jajaran lainnya meninjau pelebaran jalan di Desa Rahtawu, (Foto : Adam Naufaldo)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Bupati Hartopo menganggarkan Rp 5 milliar untuk memperlebar akses utama destinasi wisata Rahtawu. Sebab, Desa Rahtawu Kecamatan Gebog menyimpan pesona alam yang indah dan potensi yang besar untuk terus dikembangkan.

“Desa Rahtawu sendiri alamnya sudah bagus. Tinggal untuk aksesnya kami perlebar agar wisatawan nyaman saat melewati jalan tersebut,” kata dia saat meninjau perkembangan pelebaran jalan di Desa Rahtawu, Selasa (9/8/2022).

Pelebaran akses jalan yang digelontorkan oleh Bupati Kudus sebesar Rp 5 milliar itu terdapat sembilan titik yang akan diperlebar. Dan salah satunya di area Balai Desa Rahtawu. Untuk pengeprasan selanjutnya akan dilaksanakan di tahun 2023 mendatang

“Sudah ada dana sebesar 5 miliar rupiah untuk melebarkan akses jalan. Dan juga terdapat sembilan titik yang akan diperlebar. Salah satunya di dekat Balai Desa Rahtawu,” katanya.

Oleh karena itu, pelebaran akses diharapkan mampu memudahkan para pengguna jalan terutama saat papasan antarmobil. Selain itu dirinya memahami akses jalan menuju destinasi wisata tergolong sempit

Terlebih dampak selanjutnya yakni makin banyak pengunjung Wisata Rahtawu yang bertambah.
“Kalau jalannya sudah lebar, masyarakat juga mudah mengakses destinasi wisata. Lalu lintas juga lancar,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kudus Arief Budi Siswanto mengatakan proses pengerjaan pelebaran jalan sekitar kurang lebih memakan waktu empat bulan.

Pihaknya menyampaikan PUPR melaksanakan pelapisan ulang (overlay) di area Desa Rahtawu. Selain itu, untuk kenyamanan pengguna jalan, PUPR juga melaksanakan pekerjaan talud dan pengeprasan tebing.
“Kami mengupayakan terbaik agar akses menuju Desa Wisata Rahtawu lebih nyaman,” pungkasnya.

Penulis
Adam Naufaldo