Meski Belum Ikrar Setia, Satu Napiter Lapas Kelas IIB Pati Bebas Murni

0
YS, napi terorisme keluar dari Lapas Kelas IIB Pati didampingi keluarganya
YS, napi terorisme keluar dari Lapas Kelas IIB Pati didampingi keluarganya

SAMIN-NEWS.com, PATI – Seorang warga binaan atau narapidana terorisme (Napiter) dengan inisial YS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati bisa menghirup udara bebas usai habis menjalani masa pidananya.

Kasi Binadik dan Giatja Lapas Pati, Topan Ahmad Hadian menuturkan bahwa YS mendekam di Lapas Kelas IIB Pati sejak setahun lalu. Bebasnya Napiter YS tersebut lantaran yang bersangkutan usai menjalani masa hukuman.

“YS dibebaskan dari Lapas Pati pada Jumat, tanggal 12 Agustus 2022 pukul 09.15 WIB berdasarkan Surat Lepas Nomor : W13.PAS.PAS18.PK.05.13-1229 Tahun 2022 tanggal 12 Agustus 2022,” kata Topan usai penyerahan simbolis remisi bagi napi, Rabu (17/8/2022).

Ia menjelaskan sebelum bebas, YS dibawa dari kamar hunian ke ruang registrasi untuk proses penyelesaian administrasi. Selain itu, yang bersangkutan juga diberi pengarahan dan pembinaan terkait dengan paham radikalisme.

Saat keluar dari pintu Lapas, YS ketika itu dijemput oleh keluarga, saudara, serta 2 keponakannya yang saat itu diawasi oleh jajaran aparat hukum yakni pihak Polres dan Kodim Pati.

Meski begitu, Topan menegaskan bahwa yang bersangkutan ketika usai menjalani masa pidana lalu keluar dari Lapas, disebut statusnya masih merah. Menurutnya, status merah ini YS masih mempercayai ideologinya dan tidak mengakui dasar falsafah bangsa Indonesia yaitu berdasarkan Pancasila.

“Untuk statusnya masih merah, atau belum mengakui adanya NKRI yang berasaskan Pancasila dan UUD 45. Padahal selama mendekam di Lapas Pati sudah dilakukan pembinaan, hanya saja fanatismenya masih tinggi,” tegasnya.

Terkait dengan persoalan ini, Topan melanjutkan sudah melakukan koordinasi dengan APH. Pasalnya, Lapas tidak mempunyai kewenangan untuk menahan, lantaran masa pidananya telah selesai.

“Kita sudah laporkan hal ini ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, BNPT, Densus 88, Polres Pati dan Kodim Pati soal status YS,” pungkasnya.

Dengan keluarnya YS, saat ini di Lapas Pati masih menyisakan dua lagi Napiter. Sebelumnya Napiter di Lapas berjumlah 3 orang.