Meriahkan Agustusan, Desa Plangitan Gelar Perlombaan Antar Warga

0

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa Plangitan, Kecamatan Pati menggelar berbagai perlombaan selama 10 hari sejak tanggal 7 Agustus dan puncaknya besok tanggal 17 Agustus 2022. Perlombaan ini dalam rangka memeriahkan bulan Agustus di HUT ke-77 Republik Indonesia.

Ketua Karang Taruna Desa Plangitan, Kristiyanto mengatakan bahwa acara Agustusan ini diberi nama Plangitan Cup. Sebenarnya acara ini sudah sempat berjalan, namun dua tahun ini vakum lantaran ada pandemi Covid-19 tidak diperbolehkan menggelar acara yang mendatangkan kerumunan.

Di sisi lain, pihaknya menyebut Plangitan Cup ini dimaksudkan sebagai wadah komunikasi, menjalin dan menjaga kerukunan antar warga setempat.

“Sebagai medianya warga untuk silaturahmi kumpul bersama. Melalui kegiatan ini juga warga bisa berkumpul semuanya, sehingga semua warga saling kenal,” terangnya yang diterima Selasa (16/8/2022).

Menurutnya, acara Plangitan Cup yang sempat vakum tersebut cukup meriah. Lantaran hal ini disupport oleh semua kelembagaan desa mulai karang taruna, emak-emak yang tergabung di PKK hingga elemen masyarakat.

Sebelum pelaksanaan, pihaknya mengaku mempunyai ide untuk membuat kegiatan Agustusan. Setelah koordinasi dengan Kades, dirinya mengaku bersyukur akhirnya disepakati acara ini.

Kristiyanto menjelaskan acara Plangitan Cup di dalamnya terdapat lomba adzan dan permainan tradisional bagi anak-anak. Kemudian, turnamen antar lingkungan, turnamen olahraga, jalan santai, dan sepeda santai yang bisa diikuti masyarakat umum.

“Ini olahraga dan budaya. Seni barongan terus ada perlombaan voli, bulutangkis, tenis meja, ada hiburan nya juga voli waria melawan perangkat desa tapi hanya untuk hiburan,” cetusnya.

Acara ini dia mengaku menghabiskan anggaran sekitar 50 juta untuk keperluan operasional acara tersebut. Tetapi warga atau peserta tidak dipungut biaya atau gratis. Dia mengaku acara ini jangan sampai justru membebani warga.

“Hal itu ditujukan agar tidak memberatkan masyarakat Desa Plangitan. Hiburan yang ditujukan untuk seluruh masyarakat tanpa membebani sedikitpun. Sebisanya tanpa menarik iuran,” tutupnya.