Meningkatnya Wisatawan, Dinporapar Optimis Sektor Pariwisata Bangkit

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata pada Dinporapar Pati, Endah Murwaningrum

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati optimis kondisi pasca pandemi sektor pariwisata akan segera pulih. Hal ini didukung dengan ragam potensi wisata, maka kunjungan wisatawan diyakini akan meningkat.

Kepala Dinporapar, melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Endah Murwaningrum meyakini keindahan alam dan keramahan warga Pati akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke Pati dengan jumlah yang signifikan.

“Pati adalah kabupaten yang kaya akan destinasi dan potensi wisata, Dinporapar bertekad untuk mendongkrak peningkatan jumlah kunjungan wisatawan,” kata Endah, Jumat (19/8/2022).

Meski diakui kondisi pandemi mengakibatkan sektor pariwisata terseok-seok, tetapi langkah yang diupayakan oleh stakeholder terkait mulai pengelola pariwisata, pelaku, perajin, seniman yang mulai merintis kembali usahanya ini, pada akhirnya secara perlahan sektor pariwisata mulai terdongkrak.

Menurut Endah, sektor pariwisata memiliki dampak positif dan signifikan yang dirasakan oleh masyarakat, baik tingkat pengusaha, pelaku, maupun pemerintah. Melalui industri pariwisata dapat menciptakan lapangan kerja dan usaha baru dan menumbuhkan geliat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sedangkan di pedesaan terjadi perubahan ekonomi yang awalnya dikelola secara tradisional menjadi perekonomian modern. Sementara pihak pemerintah mendapatkan kontribusi dari pemasukan pajak yang dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya.

Endah juga menjelaskan bahwa seiring dibukanya sektor pariwisata secara bertahap, Dinporapar Pati mencoba berbagai strategi untuk melakukan terobosan agar sektor yang diandalkan ini bisa bangkit kembali.

“Diantaranya adalah dengan mengumpulkan para Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), Pelaku Usaha, Asosiasi di Bidang Pariwisata, Pihak Pemerintah untuk berdiskusi bareng agar bisa dipetakan rencana aksi ke depan. Menjalin kerjasama dengan Provinsi dan kementerian dan juga promosi yang masif lewat sosmed,” pungkas Endah.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Kasubag TU pada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Hariyanto Previous post Satuan Pendidikan Dipaksa Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar
Henggar Budi Anggoro (istimewa) Next post Henggar Budi Anggoro Ditunjuk Mendagri Jadi Pj Bupati Pati
Social profiles