Henggar Budi Anggoro Ditunjuk Mendagri Jadi Pj Bupati Pati

0
Henggar Budi Anggoro (istimewa)
Henggar Budi Anggoro (istimewa)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Nama Henggar Budi Anggoro menjadi isu hangat yang diperbincangkan khususnya warga Pati, lantaran dirinya ditunjuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjadi Penjabat (Pj) Bupati Pati.

Jabatan Bupati Pati, Haryanto saat ini tinggal menghitung hari yang mana masa jabatannya akan berakhir pada tanggal 22 Agustus 2022 atau tidak lebih dari tiga hari lagi.

Pengangkatan Henggar Budi Anggoro sebagai Pj Bupati Pati itu sesuai surat yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah pada Kementerian Dalam Negeri Nomor 131.33/5691/OTDA tertanggal 12 Agustus 2022 yang ditujukan kepada Gubernur Jawa Tengah.

“Berkenaan dengan telah ditetapkannya Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.33-5117 tahun 2022 tanggal 12 Agustus 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Pati Provinsi Jawa Tengah, dengan hormat diharapkan agar kiranya salinan dan petikan Keputusan Mendagri dimaksud disampaikan kepada masing-masing yang bersangkutan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya,” bunyi surat tersebut yang ditulis, Jumat (19/8/2022).

Selain itu, dalam surat itu juga diminta agar Gubernur Jawa Tengah melaksanakan Pelantikan terhadap Henggar Budi Anggoro sebagai Penjabat Bupati Pati sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya, ketika usai dilakukan pelantikan kepada yang bersangkutan, kemudian menyampaikan Laporan dan Berita Acara Pelantikan kepada Menteri Dalam Negeri c.q Direktur Jenderal Otonomi Daerah.

Sebelumnya tiga nama muncul ke permukaan publik yang diusulkan DPRD Pati sebagai Pj Bupati Pati. Di antaranya, Teguh Widiyatmoko, Tri Haryama dan Bambang Santosa. Bahkan nama Sekretaris Daerah, Jumani juga mencuat akan mengisi kursi orang nomor satu di Kabupaten Pati. Tetapi, dirinya yang menjabat sebagai Kepala Dishub Jateng itu akhirnya yang akan dilantik.