Kemenag Dorong Madrasah Bina Muridnya di Bidang MTQ

0
Kasi Bimas Islam Kemenag Pati, Ali Muslimin
Kasi Bimas Islam Kemenag Pati, Ali Muslimin

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati menyatakan akan mendorong kepada madrasah melakukan pembinaan murid-muridnya di bidang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ).

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Agama Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati, Moh Alimin menanggapi Kabupaten Pati meraih juara 2 dalam perlombaan MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah di Semarang beberapa waktu lalu.

Perlombaan MTQ tersebut, terdiri dari tiga kategori, di antaranya MTQ untuk umum, pelajar, dan Seleksi Tilawatil Quran (STQ). Kendati Kabupaten Pati meraih juara 2, namun dirinya belum puas dengan hasil ini.

Menurut Ali, dalam event MTQ tahun-tahun sebelumnya, Kabupaten Pati selalu mendapatkan juara 1. Sehingga, dengan hasil ini pembinaan perlu ditingkatkan untuk meningkatkan prestasi.

“Jadi kita kemarin dapat ranking kedua setelah Kota Semarang. Biasanya kita juara satu, tapi tahun ini digeser Kota Semarang. Itu juara umum, perolehan mendali emasnya paling banyak kedua,” kata Ali yang ditulis Senin (22/8/2022).

“Kepada sekolah-sekolah Madrasah khususnya untuk lebih mendidik murid-murid supaya dapat mengukir prestasi yang lebih membanggakan di bidang MTQ,” sambungnya.

Dirinya mengaku akan memberikan hadiah yang pantas bagi yang berprestasi MTQ. Di lain sisi, pembinaan tersebut menggali potensi siswa siswi pada bidang MTQ. Sehingga kaderisasi bisa berjalan terus.

“Dengan adanya lomba itu mau tidak mau itu menjadi alat menjamin supaya pembinaan berjalan terus. Kalau ada lomba kan ada seleksi, kalau ada seleksi kan ada latihan. Dengan adanya itu teman-teman diseluruh Kecamatan pasti melakukan pembinaan, mencari bakat yang baru untuk dilatih. Jadi pada saat ada lomba nanti diajukan,” tutupnya.