Hadiri Haul, Sudewo Sebut Mbah Mutamakkin Kyai Kharismatik

0
Anggota DPR RI, Sudewo saat ikut karnaval dalam rangkaian acara Haul Mbah Ahmad Mutamakkin, Senin (8/8/2022)
Anggota DPR RI, Sudewo saat ikut karnaval dalam rangkaian acara Haul Mbah Ahmad Mutamakkin, Senin (8/8/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota DPR RI, Sudewo menyebut KH. Ahmad Mutamakkin yang makamnya terletak di Desa Kajen merupakan sosok kyai yang istimewa dan kharismatik. Olehnya tiap bulan Suro atau bulan Muharam selalu diperingati dengan haul.

Dirinya mengaku bersyukur bisa ikut menghadiri karnaval kirab budaya dan memeriahkan haul Mbah Mutamakkin. Pasalnya, haul tahun ini bisa terlaksana cukup meriah setelah dua tahun sebelumnya hanya diperingati secara sederhana lantaran pandemi Covid-19.

“Kunjungan ke acara khaul Mbah Ah. Mutamakin kyai besar kyai karismatik di Kabupaten Pati. Sudah dua tahun tidak ada haul, dan alhamdulillah tahun ini bisa terlaksana kembali secara meria,” kata Sudewo kepada awak media, Senin (8/8/2022).

Pada hari ini, satu di antara rangkaian haul Mbah Mutamakkin adalah digelarnya karnaval kirab budaya. Karnaval ini dimeriahkan dari berbagai lembaga pendidikan baik dari Kajen hingga luar daerah.

Masyarakat sekitar tampak antusias dengan menyempatkan waktu melihat karnaval tersebut. Tak hanya dari masyarakat di sekitar Kajen, bahkan karnaval yang diisi dengan marching band ini ditonton masyarakat dari luar kecamatan.

Meriahnha Haul Mbah Mutamakkin itu, menurut Sudewo lantaran di dalamnya juga ada berbagai kegiatan yang syarat dengan kebudayaan hingga pertunjukan hiburan.

“Pelaksanaan khaul sangat meriah, karena tidak hanya semata religi, tetapi ada nilai-nilai budaya yang diikuti masyarakat Margoyoso bahkan dari luar Margoyoso juga ikut meramaikan,” ujar Sudewo.

Pihaknya meyakini dengan digelarnya kembali Haul Mbah Mutamakkin tahun ini secara meriah, tentu akan berdampak pada perekonomian masyarakat. “Kirab budaya ini tentu berefek pada pergerakan perekonomian, ini multyplayer effect,” tutupnya.