Ali Mundir Bicara Makna Kemerdekaan: Refleksi Pembangunan Secara Konkrit

0

SAMIN-NEWS.com, PATI – Masih pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Mundir berbicara mengenai makna hari kemerdekaan.

Menurut politisi dari Fraksi Partai Nasdem itu, kemerdekaan harus dimaknai sebagai titik balik merefleksikan arah pembangunan. Yaitu untuk mewujudkan pembangunan yang merata sehingga akhirnya masyarakat bisa berdaulat baik dari ekonomi sejahtera dan makmur.

“Sebagai refleksi pembangunan di daerah, secara konkritnya lapangan kerja terbuka luas, UMKM tumbuh dan berdaya, petani merasa diperhatikan dengan penyediaan pembangunan infrastruktur dan sebagainya,” kata Ali Mundir, Kamis (18/8/2022).

Menurutnya, Bangsa Indonesia termasuk di Kabupaten Pati menghadapi tantangan yang tidak mudah. Ia menyebut krisis di berbagai bidang akibat pandemi Covid-19, seperti sosial ekonomi belum berakhir.

Ali Mundir mengatakan kunci keberhasilan menghadapi tantangan tersebut dengan menyesuaikan program daerah dengan program strategis nasional guna mendorong pemulihan ekonomi bangkit dari pandemi.

“Yang pasti adalah semangat gotong royong saling kerjasama untuk menggapai kesejahteraan masyarakat. Termasuk melibatkan masyarakat dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ada,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan bahwa bidang pertanian menjadi peluang salah satu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Akan tetapi, yang perlu diingat adalah bagaimana memperhatikan infrastruktur baik irigasi, maupun jalan pertanian itu sendiri.

“Problem pertanian seperti infrastruktur sarana irigasi harus dibangun dan dikelola dengan baik. Serta harga-harga produk pertanian harus dijaga betul. Sehingga mereka benar-benar sejahtera,” pungkasnya.(adv)