Sampah Berserakan di Balai Jagong Wergu Wetan Kudus

0
Terlihat sampah plastik di taman Balai jagong, (Foto : Adam Naufaldo)
Terlihat sampah plastik di taman Balai jagong, (Foto : Adam Naufaldo)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Balai Jagong yang berada di daerah Wergu Wetan, Kabupaten Kudus tersebut pada (3/7/2022) kemarin terlihat ada beberapa sampah yang berhamburan di sekitar taman tersebut.

Mulai dari taman dan jalanan terpantau sisa sampah berserakan kemana-mana. Menurut pantauan, tidak ada petugas kebersihan yang terlihat. Banyak juga pedagang yang berjualan disana.

Umar warga asal Desa Loram Wetan menyebut banyak warga lain yang datang ke Balai Jagong untuk menikmati liburan di hari Minggu dan membeli aneka jajanan. “Saya juga kalau liburan disini sekaligus lari kecil, selepas itu membeli jajanan atau cemilan di Balai Jagong,” ujarnya saat ditemui di Balai Jagong.

Dirinya terkadang melihat ada sebagian warga yang kurang kesadarannya tentang membuang sampah pada tempatnya. Karena jika membuang sampah sembarangan maka akan berpengaruh pada kebersihan Balai Jagong.

Sementara itu, Aldo mengatakan masih banyak menemukan beberapa macam sampah plastik di sekitar Balai Jagong. “Tadi sewaktu mau ke Balai Jagong sama teman, ada berderet sampah plastik dan bekas makanan lainnya,” ungkap Aldo.

Dirinya juga berpesan supaya warga yang datang untuk sadar akan menjaga kebersihan, supaya ekonomi pedagang yang berjualan di Balai Jagong meningkat. “Harusnya sekarang sudah mulai belajar akan hal membuang sampah pada tempatnya, karena sekecil apapun sampah jika dibiarkan maka banyak memiliki dampak, yang merembet ke pedagang,” bebernya.

Lanjut dia menambahkan, pedagang juga akan kena dampaknya, yakni jika Balai Jagong terlihat kotor maka akan ada warga lain yang mengurungkan niatnya untuk datang, serta akan terjadi penurunan pembeli ke pedagang.

Penulis
Adam Naufaldo