Pemda Diminta Beri Pembinaan bagi Pelaku UMKM

0
Etalase produk-produk UMKM di dalam Plaza Pragolo
Etalase produk-produk UMKM di dalam Plaza Pragolo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dimaksudkan untuk mendorong serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengolahan potensi lokal yang dimiliki. Tetapi UMKM belum nampak memberikan kontribusi yang signifikan.

Oleh sebab itu, Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Pati mendorong Pemerintah Daerah agar memaksimalkan melakukan perannya dengan melakukan pembinaan.

“Dalam rangka mendorong perekonomian rakyat di wilayah Kabupaten Pati, kami fraksi Partai Demokrat meminta Pemerintah Kabupaten untuk memberikan pembinaan terhadap UMKM berupa pelatihan,” bunyi laporan pandangan akhir fraksi Demokrat terhadap Raperda pelaksanaan APBD tahun 2021.

Dorongan bagi UMKM itu merupakan tupoksi pemerintah sebagai pemangku kebijakan memberikan dukungan kepada pelaku usaha di daerah. Ini dilakukan dengan tujuan mencapai keunggulan yang kompetitif atau dapat bersaing di pasar nasional bahkan internasional.

Tak hanya itu, Fraksi Partai Demokrat juga meminta mengoptimalkan potensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jika dikelola dengan baik, diyakini akan memberikan sumbangdih bagi pendapatan desa maupun daerah.

Tetapi, sama halnya dengan UMKM, menurutnya Pemkab belum melakukan kewajibannya terkait pembinaan secara maksimal.

“Untuk BUMDes di setiap desa pengelolaannya belum sesuai dengan aturan BUMDes,” terangnya.(adv)