Pembuatan Pestisida Organik yang Aman dan Ramah Lingkungan

0
22

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Pembuatan Pestisida Organik dalam pelatihan yang diadakan di Mojodadi Gribig tersebut berasal dari sumber yang alami yakni dari bawang merah dan air putih. Dalam pembuatan Pestisida tersebut sangat aman dan ramah lingkungan.

Ketua Kelompok Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Sulikhan mengatakan, dalam pelatihan tersebut menjelaskan terkait cara mengelola limbah yang bernilai ekonomi.

“Saya harap pelatihan ini masyarakat paham cara mengelola limbah yang benar. Dan bisa memanfaatkan pengelolaan limbah apapun seperti bungkus kopi dimanfaatkan untuk kreasi,” sebut dia.

Selain itu, masyarakat diharapkan mengerti dalam memilih limbah rumah tangga yang bisa menjadi nilai kreasi tinggi. “Limbah rumah tangga diharapkan bisa dipilah yang bisa jadi kreasi, bisa dijadikan uang dan kompos. Sehingga kedepan bisa memanfaatkan limbah yang ada.

Jika masyarakat sudah mengetahui bagaimana cara mengelola limbah yang benar, diharapkan kedepan bisa mengurangi volume tempat pembuangan sampah sementara yang ada di Mojodadi Gribig.

Bagi kalian yang ingin mencoba cara membuat pestisida organik, cukup menyiapkan dua bahan saja. Yakni kulit bawang merah sebanyak 5 gram dan air 1 liter untuk ukuran satu ember.

Hasil dari pelatihan pembuatan pestisida organik, (Adam Naufaldo)
Hasil dari pelatihan pembuatan pestisida organik, (Adam Naufaldo)

“Caranya itu kulit bawang merah direndam selama semalam dan ditutup yang rapat. Kemudian besoknya di saring. Jika sudah, bisa dipergunakan dalam ukuran botol dan diaplikasikan untuk menyuburkan tanamam. Dan bisa mempercepat pertumbuhan apapun,” pungkasnya.

Penulis
Adam Naufaldo