KPU Jepara Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024 ke Partai Politik

0
24

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menggelar roadshow ke partai politik selama tiga hari berturut-turut yang dimulai sejak Senin (18/7/2022). Setidaknya ada 20 partai politik lama dan baru yang siap mendaftar untuk kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Muhammadun dari KPU Jepara menyatakan bahwa roadshow menjelang pengumuman pendaftaran ke parpol peserta Pemilu 2024 ini dilakukan dalam rangka menjalin komunikasi di masa awal tahapan.

“Sekaligus menyampaikan informasi-informasi yang dibutuhkan partai politik terkait pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu 2024. Selain itu juga mensosialisasikan seluruh tahapan Pemilu 2024, khususnya yang akan dijalankan pada 2022 ini,” katanya.

Dalam lawatannya saat itu, Muhammadun menyampaikan tahapan Pemilu 2024 sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 tahun 2022. Di antaranya peraturan itu menjelaskan tentang aplikasi Sistem Informasi Politik (Sipol) yang sebagai fasilitasi KPU kepada parpol yang akan mendaftarkan partainya.

Selain Muhammadun, saat berkunjung ke DPC Gerindra dirinya juga didampingi dengan anggota KPU lainnya, di antaranya yaitu Ris Andy Kusuma, Sutomo dan Matsuhan yang diterima Ketua DPC Gerindra Jepara, Arizal Wahyu Hidayat.

Ris Andy Kusuma menambahkan bahwa setelah peraturan KPU tentang pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik Pemilu 2024 diundangkan, KPU nantinya akan langsung menginformasikan ke partai politik.

Di sisi lain, Arizal mengaku proses pengunggahan data parpol di wilayah DPC Gerindra berjalan cukup lancar. Tim dari DPC Gerindra bergabung dengan tim dari DPD Partai Gerindra Jawa Tengah selama proses menjelang masa pendaftaran yang rencananya dimulai pada awal Agustus 2022.

Sementara itu, tim yang sama dari KPU, saat di Kantor DPD PKS Kabupaten Jepara diterima Ketua Majelis Pertimbangan Daerah DPD PKS Arofiq, Ketua DPD PKS Widoyo, dan Sekretaris DPD PKS Hamidun Nugroho. Widoyo merespons baik itikad KPU yang mengunjungi partai politik untuk mensosialisasikan masa-masa awal tahapan Pemilu 2024. “Biasanya kan, kami yang diundang. Ini KPU mengunjungi kami dan mendiskusikan banyak hal, terutama informasi tahapan pemilu,” kata Widoyo.

Sedangkan, Arofiq menyatakan PKS siap mensukseskan Pemilu 2024 dan akan mengikuti tahapan-tahapannya dengan baik. “Saya kira komunikasi KPU sebagai penyelenggara dengan partai politik sangat baik, dan di di masa-masa tahapan harus diperkuat. Apalagi akan ada banyak informasi tahapan yang harus sampai ke peserta pemilu,” jelasnya.

Untuk diketahui tim lain terdiri atas anggota KPU Muntoko didampingi oleh Sekretaris KPU Dafaf Ali beserta Yuli Triyanto dan Mashally Khaliddan dari jajaran sekretariat mengunjungi Partai NasDem dan Partai Hanura. Saat mengunjungi NasDem tim KPU disambut oleh Ketua DPD NasDem Jepara Pratikno berserta jajaran pengurus.