Kepala Dinkopumkm: Koperasi harus Akomodasi Kesejahteraan Masyarakat

0
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm) Kabupaten Pati Wahyu Setyawati
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm) Kabupaten Pati Wahyu Setyawati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pada peringatan Hari Koperasi Nasional yang ke-75 pada hari ini, Selasa (12/07/2022), Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinkopumkm) Kabupaten Pati berharap besar supaya koperasi dapat memberikan kontribusi besar kepada masyarakat.

Kepala Dinkopumkm, Wahyu Setyawati mengatakan Hari Koperasi Nasional ini dimaknai sebagai langkah agar koperasi supaya terus meningkakan kesejahteraan untuk anggotanya.

“Terkait dengan hari koperasi ini banyak harapan-harapan dari kami selaku pembina koperasi agar lebih dikenal masyarakat dan lebih bisa memberi akomodasi kesejahteraan bagi anggotanya dan masyarakat umum,” ucap Wahyu di ruangannya.

Oleh karena itu, Dinkopumkm selaku pembina koperasi di daerah mendorong agar koperasi tumbuh dan berkembang. Menurutnya, untuk menumbuhkan koperasi di daerah salah satu langkah yang diupayakan adalah dengan membina kelompok-kelompok mikro yang nantinya bisa berpotensi untuk dibentuk jadi koperasi.

“Kemudian untuk mengembangkan koperasi, kami selalu menekankan serta memastikan bahwa koperasi berjalan sesuai prinsip dasar perkoperasian,” jelas Wahyu.

Dirinya mengaku bahwa kondisi koperasi di daerah untuk saat ini masih belum mampu bangkit yang sebelumnya terdampak wabah pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun lebih.

“Kondisi koperasi saat ini yang notabenenya masih pandemi belum selesai masih banyak koperasi yang belum bisa bangkit. Harapannya ke depan kita bersama membangkitkan semangat koperasi baik di tengah masyarakat maupun di lingkungan gerakan koperasi,” tambahnya.

“Pemerintah mendukung agar koperasi bisa menjadi perusahaan besar dengan harapan koperasi itu dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat,” pungkas Wahyu.