IKM Pati Difasilitasi Disdagperin Ikuti Pameran Even PeSonas

0
Stand IKM dari Kabupaten Pati pada even PeSonas I di Semarang.
Stand IKM dari Kabupaten Pati pada even PeSonas I di Semarang.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) mengikuti pameran produk IKM dalam even Pekan Special Olympic Nasional (PeSOnas) I di Semarang.

Kepala Disdagperin, Hadi Santosa mengatakan pameran even PeSonas I ini dilaksanakan mulai tanggal 3 s/d 8 Juli 2022. Sementara Kabupaten Pati berpartisipasi dengan menggandeng paguyuban IKM Plaza Pragolo Store (Payupasti) dan PPDI Kabupaten Pati.

Lebih lanjut, kegiatan ini diharapkan mampu memacu semangat bagi pelaku usaha IKM utamanya dua tahun ke belakang terdampak adanya wabah pandemi Covid-19.

“Keikutsertaan Paguyuban IKM Pragolo store dan PPDI Pati yang telah difasilitasi Disdagperin Kabupaten Pati dalam Pameran PeSoNas I Tahun 2022 ini merupakan bentuk semangat untuk bangkit kembali pasca pandemi,” katanya, Kamis (7/7/2022).

Menurutnya, ikut serta dalam pameran ini usaha untuk menampilkan, memperkenalkan dan mempromosikan berbagai produk lokal yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing serta meningkatkan kemampuan dalam jejaring sosial sehingga memperluas akses pasar.

“Produk IKM yang dibawa selama pameran PeSonas ini dari Plaza pragolo dan produk-produk dari teman-teman disabilitas Pati. Seperti kerajinan logam, tas rajut, keset, sulak, batik, makanan kering, kopi, empon-empon,” jelasnya.

Sebagai informasi Jawa Tengah ditunjuk sebagai tuan rumah PeSonas I tahun 2022 yang mana sebagai wadah atlet disabilitas intelektual dengan penyelenggaraan kompetisi olahraga, festival seni-budaya yang diikuti 2.100 atlet dari 23 provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Jawa Tengah memiliki berbagai produk unggulan yang terus berkembang baik jenis, mutu dan keanekaragamannya. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan pameran IKM dalam even PeSonas I ini mampu meningkatkan promosi produk unggulan daerah. Sekaligus membangkitkan kualitas serta kapasitas IKM supaya bisa go-global dan go-digital.