HUT Koperasi ke-75, Kepala Dinkopumkm Optimis Koperasi Mampu Bangkit

0
27
Kepala Dinkopumkm Kabupaten Pati,Wahyu Setyawati
Kepala Dinkopumkm Kabupaten Pati,Wahyu Setyawati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinkopumkm) Kabupaten Pati, Wahyu Setyawati di Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke-75 yang diperingati pada tanggal 12 Juli 2022, mengatakan pihaknya optimis dunia perkoperasian mampu bangkit pasca pandemi Covid-19 di tanah air khususnya di daerah.

Koperasi yang dinilai sebagai Soko Guru atau penopang utama dalam sektor ekonomi kerakyatan yang terdampak pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun lebih telah menyebabkan pendapatan pelaku usaha khususnya UMKM morat marit.

“Seiring menurunnya pandemi Covid-19 serta pemulihan ekonomi oleh pemerintah menunjukkan hasil yang baik dan diakui oleh dunia, serta adanya pertumbuhan ekonomi yang semakin positif hal ini memberikan harapan bagi kita semua khususnya bagi koperasi dan usaha mikro,” kata Wahyu.

Dirinya melanjutkan, dengan tema “Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan,” memberikan makna bahwa koperasi sekarang bukanlah seperti yang dahulu. Menurutnya koperasi harus terus berbenah mengikuti perkembangan zaman. Utamanya adalah dengan melakukan inovasi kaitannya dengan penerapan teknologi.

“Saat ini koperasi cenderung modern merangkul generasi muda atau generasi milenial. Sehingga diusia yang ke-75 menandakan kematangan dalam berorganisasi dan kemampuan menjawab berbagai tantangan zaman,” sebutnya.

Wahyu menyebut pemerintah akan berupaya memberikan pendampingan serta memfasilitasi guna memperkuat koperasi. Sehingga ia berharap koperasi mampu memberi kontribusi secara nyata dan luas bagi anggota maupun masyarakat.

“Harapan kita semua, semoga upaya pembinaan upaya pengembangan dan penguatan koperasi ini berjalan dengan baik agar dapat memberikan kesejahteraan bagi anggota koperasi serta masyarakat luas,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengucapkan selamat hari koperasi ke-75 yang ditujukan bagi para pengurus, pengawas, manajer, karyawan dan anggota koperasi di seluruh Kabupaten Pati, beserta para pembina dan penggerak koperasi.

“Tak lupa segala puji dan syukur kepada Allah SWT Tuhan YME, karena atas limpahan rahmat dan hidayahnya kita semua dapat merayakan Hari Koperasi yang ke-75 tahun 2022. Semoga Allah SWT Tuhan YME, meridhoi usaha kita bersama. Dirgahayu Koperasi Indonesia, Ayo Berkoperasi. Koperasi Asyik, Tanpa Gimmick,” tutup Wahyu.