Disdikbud Pati Gelar Festival Lomba Seni

0
41

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat kabupaten.

Pandhu Tandhu selaku koordinator lomba Seni Budaya FLS2N, mengatakan ada beberapa cabang perlombaan yang digelar dalam festival lomba seni ini. Mulai musik tradisional, duo gitar, solo vokal hingga kesenian tari.

“Lomba FLS2N itu lomba tingkat SMP se-Kabupaten Pati, lomba cabang seni ini sudah diprogramkan kementerian ke satuan pendidikan masing-masing nanti diseleksi di tingkat kabupaten,” ucap Pandhu di SMP Negeri 1 Pati, Rabu (27/7/2022).

Setelah itu, lanjutnya bagi pemenang lomba tingkat kabupaten nantinya akan dikirimkan ke tingkat provinsi atau dalam hal ini mewakili Kabupaten Pati. Lalu jika menang di tingkat provinsi, maka akan mengikuti hingga tingkat nasional dengan jumlah satu perwakilan.

Ia menyebut cabang lomba musik tradisional diikuti oleh tujuh SMP. Di antaranya yakni SMP 1 Tayu, SMP 1 Gunungwungkal, SMP 3 Pati, SMP 8 Pati, SMP 1 Gabus, SMP 2 Tayu dan SMP Negeri 2 Margoyoso.

Dirinya menilai performa yang ditampilkan para peserta ini, kreativitasnya sangat bagus. Termasuk, dirinya mengapresiasi peran pelatihnya yang bisa memunculkan bakat kreativitas dari masing-masing anak itu sangat luar biasa.

“Dengan kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kreativitas siswa-siswi, kemudian bisa memunculkan bibit-bibit anak muda ke depan lebih mencintai budayanya, khususnya budaya di Kabupaten Pati dan dikenal masyarakat Indonesia,” tutur Pandhu.

Lebih lanjut, kata dia FLS2N ini ditujukan untuk wadah apresiasi bagi peserta didik untuk mengekspresikan seni, mengembangkan kreativitas dan motivasi peserta didik sesuai dengan minat bakat, serta menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya daerah.