BEM FTIK & ORMAWA FTIK Selenggarakan Festival Tarbiyah 2022 dengan Sukses dan Meriah

0
Sambutan Wakil Dekan 1, Husni Mubarok di puncak acara Festival Tarbiyah, (Foto : Hisyam Nasyith)
Sambutan Wakil Dekan 1, Husni Mubarok di puncak acara Festival Tarbiyah, (Foto : Hisyam Nasyith)

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Unisnu Jepara berkolaborasi dengan ormawa FTIK yakni HMPS PAI, HMPS PBI, HMPS PGPAUD, HMPS PGSD, BANDT@, LPM IDEA, & AL KHIDMAH sukses menyelenggarakan FESTAR (Festival Tarbiyah) mulai tanggal 28 Juli hingga 2 Juli 2022.

Festival Tarbiyah merupakan hasil branding baru ditahun 2022 yang dulu pernah ada dengan nama edufest. Festival Tarbiyah merupakan bentuk wujud kita merayakan hari jadi FTIK dan insyaallah menjadi agenda tahunan, membawa tema “Pendidikan sebagai Media Pembentukan Karakter Bangsa yang Membudaya.”

Penampilan Guest Star di puncak acara Festival Tarbiyah, (Foto : Hisyam Nasyith)
Penampilan Guest Star di puncak acara Festival Tarbiyah, (Foto : Hisyam Nasyith)

Yuyun Fitriah selaku Gubernur BEM FTIK menyampaikan tema tersebut dilatar belakangi oleh tujuannya mewujudkan karakter bangsa melalui pendidikan, bisa mengatasi krisis moral yang sedang melanda kita khususnya para mahasiswa serta mewujudkan wawasan yang dapat mengadopsi model-model pendidikan karakter yang diharapkan bisa membangun karakter kita sebagai mahasiswa & bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat sekitar.” Pungkasnya.

 

Festival Tarbiyah mempunyai berbagai rangkaian acara yang meliputi webinar nasional dengan narasumber yang berkompeten di bidangnya untuk membahas topik mengenai dalam webinar tersebut, Dr. Ahsanul Husna Wakil Dekan FAI Unwahas menyampaikan perihal pendidikan karakter. Beliau menegaskan bahwa pendidikan berkarakter tercermin dalam profil pelajar Pancasila yakni; beriman, mandiri, bernalar kritis, berkebhinekaan global, gotong royong dan kreatif.

Rangkaian acara Festival Tarbiyah mulai adanya bazar disertai beberapa agenda perlombaan yakni Lomba rebana, Lomba fashion show tingkat SMA sederajat Se-Jepara & lomba essay tingkat nasional.

Sebagai penutup dan sekaligus puncak acara Festival Tarbiyah 2022 berlangsung dengan meriah mulai dari pengumuman juara lomba serta penyerahan hadiah, ditutup dengan pentas seni dari kalangan mahasiswa peserta yang hadir dibawa melebur dalam satu harmoni lewat penampilan guest star mulai dari Balastik Al Zulfa Jepara diakhiri Band Skaustik

Beberapa hasil perlombaan dalam event Festival Tarbiyah 2022 adalah sebagai berikut

Lomba Esai Nasional

Juara 1 Ulul Albab
(Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan)
Juafa 2 Muhammad Saddam Reski S (Universitas Tadulako)
Juara 3 Rahmat Akbar (Universitas Diponegoro)
Juara Harapan Alfian Ainun Nikmah (IAIN Kudus)

Lomba Rebana Se-kabupaten Jepara

Juara 1 Nurul Ismi (SMA N 1 Tahunan)
Juara 2 Jamama (Matholibul Huda Mlonggo)
Juara 3 Al-Khaidir (MAN 1 Jepara)

Lomba Fashion Show Se-Karasidenan Pati

Juara 1 Gladysta Ovka Felisha Aveira (SMA N 1 Pecangaan)
Juara 2 Meisa Elok (MAN 1 Jepara)
Juara 3 Anindiya Rahma Suwigyo (SMKN 2 Jepara)
Juara Harapan 1 Muhammad Valerino Vitran (SMK Raden Umar Said Kudus)
Juara Harapan 2 Adhyra Kharis Aulia (SMKN 1 Jepara)

Penulis :
Hisyam Nasyith