UPT Metrologi Pati Terima Penghargaan Daerah Tertib Ukur

Kepala UPT Metrologi Pati, Arip Adi Purnomo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Metrologi Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati memperoleh rapot positif dari pemerintah pusat melalui Direktorat Metrologi atas hasil capaian tertib ukur tahun 2021.

Hal itu disampaikan Kepala UPT Metrologi Disdagperin Pati, Arip Adi Purnomo. Itu diketahui dari surat yang ia terima dari Direktorat Metrologi dengan Nomor 1075/PKTN.4.1/SD/06/2022 pada Jumat (24/6/2022) siang tadi.

Ia mengatakan berdasarkan surat tersebut, Kabupaten Pati memenuhi kriteria sebagai Daerah Tertib Ukur yang dilakukan oleh Direktorat Metrologi sepanjang tahun 2021 yang diukur berdasarkan beberapa aspek.

“Pertama aspek pencapaian outcome tertib ukur, dengan indikator persentase alat ukur, alat takar, alat timbang, dan alat perlengkapan dan barang dalam keadaan terbungkus yang beredar,” ucapnya.

Berikutnya, aspek kelembagaan unit Metrologi Legal dan unit kerja pengawasan kemetrologian, dengan indikator pemenuhan persyaratan manajemen dan teknis, standar ukuran metrologi legal, kepatuhan pelaporan tera dan tera ulang, tingkat pemahaman masyarakat terhadap metrologi legal.

Selanjutnya, aspek inovasi kebijakan dan pelayanan kemetrologian dengan indikator inisiasi yang dilakukan untuk menciptakan pelayanan tera dan tera ulang yang menarik, transparan atau akuntabel.

Penyerahan penghargaan sebagai Daerah Tertib Ukur tahun 2021 tersebut, ia mengungkapkan akan diberikan kepada Kepala Daerah oleh Menteri Perdagangan (Mendag) secara langsung yang direncanakan akan dilakukan pada tanggal 28 Juli 2022.(adv)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Pegawai UPT Metrologi saat melakukan tera ulang di stasiun Mobil dan SPBU Previous post UPT Metrologi Capai Pendapatan Rp150 Juta
Next post Bupati Ikut Gowes Bareng Polres Pati Peringati HUT ke-76 Bhayangkara
Social profiles