Tanggul Sungai Sat Jebol, 26 Rumah di Tunjungrejo Rusak

0
Banjir bandang di Tunjungrejo menyebabkan tanggul jebol yang mengakibatkan 26 rumah milik warga rusak
Banjir bandang di Tunjungrejo menyebabkan tanggul jebol yang mengakibatkan 26 rumah milik warga rusak

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 26 rumah di Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso rusak akibat tanggul Sungai Sat jebol. Banjir bandang ini lantaran terjadi hujan deras di wilayah hulu sungai mulai pukul setengah 21.00 WIB hingga Pukul 22.30 wib.

Kepala Desa Tunjungrejo, Mochammad Ali Zudhi mengatakan, tanggul sungai sat jebol sepanjang 20 meter. Akibatnya, 5 rumah dilaporkan rusak berat.

“Kejadian tadi malam 10.30. Aliran sungai sat wilayah rt 2 RW 6 tunjungrejo, Margoyoso, Kabupaten Pati mengalami jebol kurang lebih 20 meter. Warga terdampak ada 26 rumah, 5 rusak berat,” terangnya.

“Aliran sungai sat ini dialiri dari wilayah hulu sungai di pegunungan Daerah Gunung Wungkal, jadi luapan dari atas,” jelasnya.

Untuk melakukan penanganan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), stakeholder terkait serta masyarakat.

“Kerugian ditaksir ratusan juta, estimasinya Rp300 juta. Tapi belum lagi banyak elektronik dan kendaraan juga yang terkena air,” terangnya.

Dia menjelaskan ada bantuan dua dam truk dari desa Kertomulyo untuk mengangkut sampah dan satu alat berat dari Dinas Penataan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati.

Ia mengaku sebelum terjadi banjir, Pemdes sudah memberi peringatan informasi bagi warganya. Kemudian masyarakat sudah terlebih dahulu di evakusi sebelum banjir merendam sejumlah rumah.