BPBD Terjunkan Personelnya Bantu Bersihkan Sisa Banjir Bandang di Tunjungrejo

0
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Martinus Budi Prasetyo
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Martinus Budi Prasetyo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menerjunkan personelnya untuk membantu membersihkan sisa-sisa banjir bandang di Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso yang terjadi pada Senin (27/6/2022) malam tadi.

Kepala BPBD Martinus Budi Prasetyo mengungkapkan saat ini banjir sudah surut. Kemudian untuk membantu membersihkan sisa banjir bandang di Tunjungrejo itu, BPBD dibantu oleh TNI bersama masyarakat.

“Untuk saat ini banjir sudah surut, tetapi namanya banjir meninggalkan sampah dan lumpur. Hari kita upayakan pembersihan bersama dengan aparat TNI-Polri dan masyarakat setempat,” katanya, Selasa (28/6/2022).

Dia menjelaskan banjir bandang itu disebabkan lantaran sekitar pukul 21 s/d 22.30 wib ada hujan deras di lereng muria sebelah timur dengan intensitas hujan yang cukup panjang yang mengakibatkan banjir bandang di Tunjungrejo, Margoyoso.

Tekanan air yang tinggi ini menyebabkan tanggul Sungai Sat Desa Tunjungrejo jebol di wilayah rt 2 rw 5 dan rt 2 rw 6 sepanjang 30 meter yang berakibat 26 rumah rusak sedangkan 5 rumah kategori rusak berat.

“Di samping itu kita juga memberikan bantuan set back untuk mengisi tanah maupun pasir yang fungsinya untuk menutup tanggul jebol sementara,” ungkapnya.

“Saya mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di sekitar sungai, jangan membuang sampah sembarangan di sungai. Juga diharap masyarakat jangan sampai menanam pisang di area tanggul, serta umbi-umbian karena itu menyebabkan penggemburan tanah,” pungkasnya.