PT HWI Pati Bakal Diresmikan Juli 2022, September Mulai Ekspor Perdana

0
107
Bupati Pati Haryanto meninjau pembangunan pabrik PT Hwaseung Indonesia (HWI) Senin (20/6/2022)
Bupati Pati Haryanto meninjau pembangunan pabrik PT Hwaseung Indonesia (HWI) Senin (20/6/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pembangunan pabrik manufaktur asal Negeri Ginseng Korea Selatan, PT Hwaseung Indonesia (HWI) di Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati rencananya bakal diresmikan pada Juli 2022 mendatang.

Hal demikian disampaikan Bupati Pati Haryanto saat meninjau langsung progres pembangunan pabrik PT HWI bersama dengan sejumlah jajaran OPD pada Senin (20/6/2022) kemarin.

Pabrik sepatu olahraga tersebut, dijelaskan mampu menampung hingga 15.000 tenaga kerja. Para pekerja sebelumnya akan ditraining terlebih dahulu sehingga mahir dalam mengoperasikan dan mengerjakan tugasnya.

Pabrik dapat menampung 15 ribu karyawan mudah-mudahan bisa diresmikan bulan Juli-Agustus. Karena operasional pabrik ini SDM-nya perlu ditraining dulu, disiapkan dulu. Karena tidak mudah mengelola karyawan yang banyak,” ucap Haryanto.

Haryanto mengucapkan terimakasih kepada HWI yang telah berinvestasi di Pati dengan nilai yang tidak sedikit dan menyerap banyak tenaga kerja. Dia berharap dengan berdirinya pabrik ini mampu menyerap tenaga kerja lokal. Sehingga tidak perlu mencari ke daerah lain.

“Agar warga Pati tidak pergi jauh-jauh bekerja di Jepara, Semarang, Demak, Jakarta, Bekasi cukup bekerja di Pati,” sambungnya.

Menurutnya, menanam investasi dan memberi rasa percaya untuk berinvestasi tidaklah mudah. Dan selama 2022 ini dia menyebut ada investasi masuk ke Pati sekitar 3 triliun.

Perwakilan PT HWI, Sugito menjelaskan pada bulan Juli 2022 pabrik sudah mulai melakukan perekrutan karyawan. Kemudian pada akhir tahun 2022, ditargetkan sebanyak 2.500 karyawan bisa terpenuhi.

“Dengan rincian sekitar 800 orang kami ambilkan dari Tenaga Ahli HWI Jepara yang asli Pati, kemudian aisanya 2.000-an orang dilakukan perekrutan orang asli Pati,” ungkapnya.

Sugito menambahkan bahwa saat ini pabrik sudah mencapai persiapan hingga 85 persen. Adapun kemungkinan pada bulan September nanti pabrik sudah mampu ekspor perdana, memproduksi sepatu olahraga.