Konsumsi Naik saat Sedekah Bumi, Disdagperin Minta Tambahan Kuota Gas LPG

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kuswantoro

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hari-hari besar nasional menyebabkan konsumsi LPG (liquefied petroleum gas) masyarakat naik cukup signifikan. Hal ini dikatakan Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Kuswantoro, Jumat (24/6/2022).

Ia menyebut selain hari-hari besar nasional, untuk wilayah di Kabupaten Pati momen bulan-bulan Sedekah Bumi juga memengaruhi konsumsi lpg naik. Sehingga kuota yang dipasok oleh Pertamina selaku produsen ini tak memenuhi kebutuhan.

“Kelangkaan itu bisa saja terjadi pada momen-momen tertentu, misalnya hari raya idul fitri, Idul Adha juga ketika sedekah bumi. Nah momen ini yang biasanya di luar perencanaan. Karena sangat berpengaruh naiknya terhadap konsumsi lpg di masyarakat,” ucapnya kepada Samin News.

Untuk mengatasi kekurangan pasokan gas lpg itu, Disdagperin meminta kepada produsen melalui kantor regional untuk keperluan penambah kuota.

Seperti diketahui, untuk saat ini rata-rata desa di Kabupaten Pati sedang menggelar sedekah bumi. Terkait dengan itu, Disdagperin mengaku telah melayangkan permohonan tambahan kuota lpg untuk menyukupi kebutuhan masyarakat.

“Tetapi, upaya yang kami lakukan menjelang momen-momen itu meminta kepada Pertamina regional Semarang untuk penambahan kuota yang saat ini sudah kita layangkan,” terangnya.

Namun demikian, Kuswantoro menyebut Disdagperin tidak tahu jumlah kuota penambahannya berapa. Karena itu merupakan kebijakan Pertamina. Disdagperin hanya mengajukan tambahan.

Sementara itu, dia melanjutkan berdasarkan informasi yang diterimanya bahwa kuota tambahan pasokan gas lpg untuk saat ini sudah disalurkan ke distributor dan ke bawahnya.(adv)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Disdagperin Pati melakukan pengawasan distribusi LPG di pengecer untuk memastikan ketersediaan di masyarakat Previous post Antisipasi Kelangkaan, Disdagperin Rutin Awasi Distribusi LPG
Jajaran pegawai dari Bidang Perdagangan saat pengawasan pupuk di Tanjungsari, Kecamatan Jakenan Next post Disdagperin Turut Awasi Distribusi Pupuk
Social profiles