Taman Tugu Batas Wilayah Dilengkapi dengan 42 Replika Gunungan

0
104
Tugu batas wilayah Kabupaten Pati dengan Kabupaten Rembang di Desa Gajahkumpul, Kecamatan Batangan.(Foto:SN/dok-sat)
Tugu batas wilayah Kabupaten Pati dengan Kabupaten Rembang di Desa Gajahkumpul, Kecamatan Batangan.(Foto:SN/dok-sat)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Untuk menghasilkan efek estetika yang maksimal, maka pembangunan taman di tugu batas wilayah Kabupaten Pati dengan Kabupaten Kudus dan Kabupaten Pati dengan Kabupaten Rembang, maka di kedua lokasi taman itu dilengkapi replika gunungan dari hasil seni kriya logam. Jumlahnya pun cukup banyak, yaitu 42 buah karena masing-masing lokasi akan dipasang gunungan tersebut sebanyak 21 buah.

Jumlah tersebut, papar salah seorang staf Seksi Perencanaan Bidang Cipta Karya DPUPR Kabupaten Pati, Arianto alias Ari Sinyo, masing-masing untuk taman di tugu batas wilayah Kabupaten Pati dengan Kabupaten Kudus, di Desa Wangunrejo, Kecamatan Margorejo, adalah sesuai dengan jumlah kecamatan di Kabupaten Pati. Yakni, Kecamatan Pati, Margorejo, Tlogowungu, Gembong menyusul Kecamatan Juwana, Trangkil, Wedarijaksa, dan Kecamatan Batangan.

Selebihnya, adalah Kecamatan Jakenan, Jaken, Pucakwangi dan Kecamatan Winong, selain itu Kecamatan Sukolilo, Kayen, Tambakromo dan Kecamatan Gabus, disusul Kecamatan Tayu, Margoyoso, Gunungwungkal, Dukuhseti, dan Kecamatan Cluwak. ”Masing-masing nama kecamatan tersebut akan dicantumkan dalam gunungan tersebut,”ujarnya.

Mengingat pengadaan meterial itu harus melalui proses pembuatan, lanjutnya, maka hal itu akan memakan banyak waktu sehingga harus bisa diselesaikan dahulu oleh ahlinya, sehingga setelah semua selesai benar-benar sudah siap untuk dipasang. Dengan demikian, untuk pelaksanaan pekerjaan lainnya di lapangan akan segera menyusul untuk mobilisasi material lainnya, karena dalam lokasi taman itu juga akan dilengkapi dengan lampu hias.

Untuk teknis penempatan gunungan yang bertuliskan nama-nama kecamatan di Kabupaten Pati, untuk tugu batas wilayah antara Kabupaten Pati dan Rembang, di sisi tumur tugubatas sisi kiri dan kanan. Hal tersebut berdasarkan pertimbangan, karena pengguna jalan dari timur (Surabaya) yang masuk ke wilayah Kabupaten Pati, disambut dengan ucapan ”Selamat Datang”, serta untuk lampu hias ada di sisi barat tugu.

Setelah sampai di tugu batas wilayah antara Kabupaten Pati dengan Kabupaten Kudus, di Desa Wangunrejo, Kecamatan Margorejo, pengguna jalan yang hendak keluar Pati diberikan ucapan ”Selamat Jalan.” ”Karena itu, untuk 21 gunungan juga dipasang di sisi timur tugu batas, dan lampu ditempatkan di sisi barat tugu untuk menyambut para pengguna jalan dari Semarang (barat) dengan ucapan ”Selamat Datang”,”imbuh Arianto.