Pencairan DD ADD Tahap Pertama di Pati Sesuai Jadwal dan Tersalur 100 Persen

0
65
Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati, Febes Mulyono
Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati, Febes Mulyono

SAMIN-NEWS.com, PATI – Penyaluran Dana Desa (DD) serta Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama tahun 2022 di Kabupaten Pati sudah tersalur seratus persen dari rekening kas umum negara (RKUN) ke rekening kas desa (RKD).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) melalui Kepala Bidang Pengembangan Desa, Febes Mulyono. Baik DD non bantuan langsung tunai (BLT) maupun BLT.

“Progres penyaluran DD non BLT tersalur ke 401 desa, juga BLT DD telah tersalur RKUN ke RKD 401 desa,” kata Febes di ruang kerjanya, Selasa (24/5/2022).

Sehingga BLT DD itu bisa digunakan oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di masing-masing desa. Kemudian DD non BLT agar diimplementasikan sesuai program kegiatan yang sudah direncanakan oleh Pemdes.

Artinya, ini bisa menumbuhkan minat konsumsi keluarga di tengah masyarakat yang terganggu akibat pandemi Covid-19. Selain itu sebagai upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Penyaluran DD serta ADD tahap pertama, pihaknya menyatakan tidak ada persoalan yang cukup berarti. Lantaran mekanisme dan proses penyaluran sesuai jadwal yang ditetapkan.

Hanya saja, dia mengungkapkan capaian kegiatan DD non BLT atau untuk kegiatan fisik pada tahap pertama ada empat desa yang molor. Molornya kegiatan tersebut dikarenakan berbarengan dengan Pengisian Perangkat Desa (Perades).

“Tentu ada desa dalam pelaksanaan kegiatannya molor ke belakang karena kemarin ada pengisian perangkat desa. Setidaknya hingga kini masih ada empat desa yang belum selesai realisasi penyerapan kegiatan pada tahap pertama,” jelasnya.

Selanjutnya, kata dia untuk saat ini sudah masuk penyaluran tahap kedua. DD serta ADD tahap kedua itu sudah dimulai sejak awal bulan April 2022. Bahkan, memasuki triwulan kedua ini BLT DD oleh sebagian desa sudah disalurkan sesuai dengan bulannya.

“Sampai dengan hari ini sudah ada 380 desa BLT DD sudah masuk di rekening desa. Sebagian besar sudah disalurkan sesuai bulannya. Serta sisanya tiap hari kita proses terus untuk dinaikkan proses pencairan,” pungkasnya.