Harapan Warga Jepara Pada Pj Bupati; Jangan Berlakukan Kebijakan Tanpa Regulasi Hanya Akan Bikin Gaduh

0
88
Salah seorang tokoh muda Jepara, Pramono AR (Foto:SN/dok-hp)  
Salah seorang tokoh muda Jepara, Pramono AR (Foto:SN/dok-hp)  

SAMIN-NEWS.com, JEPARA – Salah satu tokoh muda Jepara, Eman Pramono AR SE mengharap, agar Penjabat (Pj) Bupati Jepara nantinya adalah orang yang benar-benar paham, mengerti dan taat berbagai peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang kelola pemerintahan di daerah. Sebab jika tidak, maka kebijakan yang diambil akan blunder dan membikin gaduh serta rawan digugat dan dibatalkan.

Ketaatan pada berbagai regulasi ini sangat penting dan substansi bagi seorang Pj Bupati, karena jika kelak ditemukan ketidaktaatan atas berbagai peraturan perundang-undangan harus berani melakukan evaluasi. Tentu dasarnya adalah aturan main yang benar, sehingga jangan sampai sesuatu yang salah pada landasan hukum, proses dan mekanisme lantas dibiarkan berlarut-larut hingga menjadi tidak produktif dan merugikan pemerintah.

Hal tersebut juga berlaku pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) jika memang terdapat penyimpangan terhadap pengangkatan direksi dan juga pengawas. ”Dengan demikian Pj Bupati Jepara harus berani melakukan evaluasi agar perusahaan plat merah ini dapat produktif dan berkembang. Jangan malah membebani APBD dan pelayanan pada masyarakat,”tandasnya.

Di sisi lain, ia juga memahami Pj Bupati, karena regulasi diangkat dan ditunjuk oleh pemerintah. Akan tetapi, Pj Bupati adalah cermin dari pemerintah yang mengangkatnya. Akan tetapi sebagai warga Jepara ia berharap, Pj Bupati yang nanti ditunjuk untuk memimpin  Jepara adalah seorang yang selain pintar dan jujur juga harus berani.

Keberanian tersebut harus ditunjukan untuk membela dan menempatkan kepentingan rakyat di atas segalanya. ”jangan malah bermain-main pada ranah politik berdasarkan pesanan penguasa,”ujarnya.

Selain itu, ia juga harus memahami budaya dan sejarah serta rakyatnya, agar tidak salah dalam mengambil kebijakan. Kurangi angka kemiskinan dengan mengoptimalkan potensi sektor pertanian, kelauatan dan pariwisata.

Selebihnya juga persoalan sosial yang ada di Jepara, karena angkanya memang cukup mencemaskan. ”Jangan tutup mata terhadap persoalan yang dihadapi warga,”pintanya.

Karena itu ia menyarakan, agar nantinya Pj Bupati memiliki kemampuan untuk membangun komunikasi yang produktif dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. ”Ada banyak peluang peluang yang bisa didapat oleh daerah jika terbangun kepercayaan yang kuat, dan salah satunya adalah sektor infrastruktur yang menjadi salah satu titik lemah Jepara,”imbuh Eman Pramono.